Sambut Kebijakan DP Nol Persen, BMW Siapkan Mobil Listrik Terbaru

Kompas.com - 18/10/2020, 17:01 WIB
BMW i3s BMW i3s
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Penjualan kendaraan listrik di Indonesia mengalami pertumbuhan cukup signifikan pada tahun ini. Padahal kondisi pasar otomotif sedang mengalami penurunan karena terdampak pandemi.

Berkaca dari data wholesales Gaikindo, pada sepanjang 2019 ada 20 unit kendaraan listrik yang terjual. Sementara pada Januari-Agustus 2020, terdapat 27 kendaraan listrik yang dikirim dari pabrik ke diler.

Jodie O’Tania, Director of Communication BMW Group Indonesia, mengatakan, sinyal positif penjualan kendaraan listrik ini membuat pihaknya berencana menghadirkan model kendaran listrik baru.

Baca juga: Daihatsu Rocky Sudah Uji Jalan di Indonesia?

Pengunjung mencoba langsung kendaraan BMW terbaru saat BMW On Tour di dealer BMW Astra Serpong, Tangerang, Sabtu (17/10/2020). BMW Indonesia menggelar program penjualan pada masa PSBB transisi pandemi Covid-19 di 8 jaringan diler resmi BMW Group Indonesia dengan menerapkan protokol kesehatan dan sanitasi.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung mencoba langsung kendaraan BMW terbaru saat BMW On Tour di dealer BMW Astra Serpong, Tangerang, Sabtu (17/10/2020). BMW Indonesia menggelar program penjualan pada masa PSBB transisi pandemi Covid-19 di 8 jaringan diler resmi BMW Group Indonesia dengan menerapkan protokol kesehatan dan sanitasi.

“Bicara kendaraan listrik, BMW Indonesia pun akan menghadirkan kendaraan listrik terbaru dalam waktu dekat. Mobil ini nantinya relevan dengan kebutuhan pelanggan di Indonesia,” ucap Jodie, dalam diskusi virtual (16/10/2020).

Untuk diketahui, peluncuran mobil listrik terbaru dari BMW sebetulnya sempat dibocorkan pada awal 2020.

Saat itu mobil listrik ini kabarnya akan meluncur dalam ajang balap Formula-E di Jakarta. Namun karena ajang tersebut dibatalkan, soal kehadiran mobil baru pun harus tertunda.

Baca juga: Bus Mewah PO Putera Mulya, Jakarta-Malang Cuma Rp 350.000

Pekerja saat membersihkan mobil BMW saat BMW On Tour di dealer BMW Astra Serpong, Tangerang, Sabtu (17/10/2020). BMW Indonesia menggelar program penjualan pada masa PSBB transisi pandemi Covid-19 di 8 jaringan diler resmi BMW Group Indonesia dengan menerapkan protokol kesehatan dan sanitasi.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pekerja saat membersihkan mobil BMW saat BMW On Tour di dealer BMW Astra Serpong, Tangerang, Sabtu (17/10/2020). BMW Indonesia menggelar program penjualan pada masa PSBB transisi pandemi Covid-19 di 8 jaringan diler resmi BMW Group Indonesia dengan menerapkan protokol kesehatan dan sanitasi.

DP Mobil Listrik Nol Persen

Pada awal Oktober 2020, Bank Indonesia menurunkan batasan minimum uang muka alias down payment (DP) kendaraan bermotor berwawasan lingkungan menjadi nol persen.

Langkah ini diambil dengan tujuan untuk merangsang permintaan kredit di tengah pandemi Covid-19, sekaligus mendukung upaya pemerintah dalam melaksanakan program percepatan kendaraan listrik dalam negeri.

Bayu Riyanto, Vice President Sales BMW Group Indonesia, menyambut positif kebijakan tersebut. Menurutnya, pihaknya telah berhasil menjaring sejumlah konsumen potensial.

Baca juga: Ini Alasan Aksi Lempar Batu ke Bus yang Kerap Terjadi di Lintas Sumatera

BMW X3 M dan BMW X4 MPERFOURM.COM BMW X3 M dan BMW X4 M

Meski begitu, kondisi pasar memang terlalu ramai. Sebab pilihan mobil listrik di Indonesia masih terlalu sedikit. Apalagi BMW juga hanya memiliki i3S di segmen ini sebagai mobil listrik murni.

“Karena keterbatasan stok dari sisi produk, kami belum bisa agresif. Tapi kami akan sambut baik dan tentunya tahun depan lebih agresif lagi karena DP nol persen,” ujar Bayu, dalam kesempatan yang sama.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X