Kompas.com - 18/10/2020, 13:01 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha XS650 merupakan salah satu motor favorit sebagai basis motor custom. Bukan hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri. Salah satunya ialah XS650 Bobber karya Motobrix.

Brian Kates, punggawa Motobrix mengatakan, awalnya membangun motor ini untuk ''ngetes'' keterampilannya. Dia ingin membangun motor custom terutama bobber yang ringkas.

Baca juga: Yamaha XS650 Bobber dengan Sisipan Trail dan Scrambler

Yamaha XS650 Bobber Foto: MARK LUCIANI/ Pipeburn Yamaha XS650 Bobber

"Saya membangunnya dari onggokan seharga 200 dollar yang tergeletak di salju di atas sebuah trailer. Ide motor ini yakni mendorong keterampilan fabrikasi saya ke tingkat berikutnya, dan untuk membangun bobber yang minimalis," katanya mengutip Pipeburn, Minggu (18/10/2020).

Lagkah pertama ialah membuat rangka model rigid. Sasis merupakan faktor penting agar motor bisa punya proporsi yang sesuai. Patokannya ialah bagaimana motor tetap terlihat padat dan berisi.

Kaki-kaki juga dipermak. Pelek 18 inci depan belakang warna hitam pakai jari-jari dibungkus ban gendut dari Firestone Deluxe Champion, berukuran 4,50 x 18.

Yamaha XS650 Bobber Foto: MARK LUCIANI/ Pipeburn Yamaha XS650 Bobber

Baca juga: Modifikasi Yamaha XS650 Chopper yang Enak Buat Harian

Suspensi depan pakai punya XS650 tapi dipotong agar pas dengan dimensi motor.
Adapun pengereman mendapat rombakan besar-besaran mengunakan cakram. Master rem dari Tokico dan memakai braket dan spacer custom.

Beres sasis dan kaki-kaki, Brian berlaih ke bodi. Tangka kecil dibuat polos tanpa dicat yang juga merambah sepatbor belakang. Adapun di depan polos tanpa sepatbor.

Sisanya hanya detail pemanis seperti lampu depan warna kuning, setang custom dan jok tunggal model spring warna coklat. Dari awal Bran memang tidak ingin motornya banyak pemanis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.