Bocor, Ini Rancangan Bodi Suites Class Adiputro

Kompas.com - 11/10/2020, 08:24 WIB
suites class karoseri laksana Kompas.com/Fathan Radityasanisuites class karoseri laksana

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini beredar foto di internet sebuah bus yang mirip dengan buatan karoseri Adiputro. Namun bedanya, ada kaca yang disusun bertingkat, namun dimensinya tidak terlalu besar, tidak setinggi bus tingkat.

Berdasarkan foto yang diupload ulang oleh akun ayonaikbiscom, diperkirakan bus tersebut merupakan model suites class. Suites class ini merupakan kelas bus yang bisa dibilang eksklusif dan menjaga privasi setiap penumpangnya.

Eksklusif dikarenakan hanya mengangkut sedikit penumpang, sekitar 20 orang dan setiap penumpang memiliki bilik kursinya sendiri, mirip dengan naik pesawat kelas bisnis. Selain itu, kursi yang digunakan juga bisa selonjor dan di rebahkan, hampir rata.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Le Mans, Quartararo Pole Position

 

Saat ini, hanya karoseri Laksana yang memiliki bodi bus model suites class ini. Laksana pertama kali memamerkan Legacy SR2 Suites Class ini pada gelaran GIIAS 2019. Sampai sekarang, sudah ada beberapa PO yang menggunakan jenis bodi ini.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, adanya suites class dari karoseri selain Laksana merupakan hal yang bagus dan menambah persaingan membuat bodi bus suites class ini.

“Bagus lah, ada yang tertantang juga untuk membuat bodi bus yang serupa,” ucap Werry kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Honda Hness CB350 Akan Keluar Versi Cafe Racer

Tentunya suites class buatan karoseri Laksana bisa menjadi tolak ukur bagaimana buatan Adiputro nantinya. Meskipun belum resmi dirilis, suites class buatan karoseri Adiputro ini patut untuk ditunggu.

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, adanya bus suites class buatan Adiputro ini membuat makin banyak pilihan. Namun tidak semudah itu untuk diminati oleh para penumpang.

“Sebenarnya yang nentuin nanti bagaimana model interiornya. Karena kalau sama dengan yang milik Laksana, apakah penumpang akan bosan dengan tampilannya,” ucap Dimas kepada Kompas.com.

posisi duduk suites classKompas.com/Fathan Radityasani posisi duduk suites class

Menurut Dimas, jika model kabinnya akan sama dengan yang Laksana, persaingan kedua karoseri ini menjadi kurang seru. Jadi setidaknya harus ada keunggulan yang ditawarkan dari Adiputro.

Mengingat yang diunggulkan dari suites class ini merupakan kabinnya yang mewah dan nyaman. Sebagai gambaran, kabin dari suites class buatan Laksana memiliki kursi rebah 150 derajat dan selonjor, serta sistem hiburan Audio Video On Demand (AVOD) seperti di pesawat.

Baca juga: Suzuki Karimun Wagon R Special Edition Resmi Melantai, Dijual Rp 150 Jutaan

Tersebar gosip kalau sudah ada pemesan bus suites class buatan Adiputro ini. Pemesannya yaitu Perusahaan Otobus (PO) pariwisata dari Pasuruan, yang terkenal senang menggunakan bodi bus Adiputro sejak awal didirikan.

Secara tampilan, bus suites class buatan Adiputro ini nampaknya masih menggunakan bagian dari Jetbus 3+ mulai dari lampu depan dan belakangnya. Bagian sampingnya, memiliki kaca yang bertumpuk, sehingga penumpang baik di atas atau bawah bisa melihat ke luar.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X