Pemenang AMMDes Digimodz 2, Mobil Filtrasi Air Bergaya Rally Dakar

Kompas.com - 11/10/2020, 08:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetisi modifikasi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) secara digital kembali memeriahkan jalannya Indonesia Modification Expo (IMX).

Memasuki penyelenggaraan yang kedua, ide-ide kreatif dan aplikatif semakin meningkat dibanding tahun sebelumnya. Dari sekian banyak peserta, hanya diambil 5 finalis.

Baca juga: 5 Desain AMMDes Digimodz yang Berebut Jadi Pemenang Utama

Berbagai jenis kendaraan yang diusung oleh 5 finalis yang terpilih pada ANMDes Digimodz 2, mulai dari kendaraan taktis, kendaraan tempur, bengkel keliling, penyaring (filtrasi) air bersih, hingga penampungan sampah medis.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Inilah para peserta @nmaa_ind @ammdeskmw yang karyanya berhasil menjadi “Top 5” kompetisi AMMDes Digimodz 2: @snnhst @autovanoz @djolikaproduction @ivancsxstudio @fairuzsinatriya23 Selamat untuk para finalis! Kelima karya AMMDes peserta di atas dinilai juri berpotensi besar dapat memberi sumbangsih dan manfaat bagi masyarakat khususnya di pedesaan bila diwujudkan ke unit aslinya. Lantas karya siapakah yang nantinya bakal dipilih menjadi pemenang utama? Pemenangnya akan diumumkan di @indonesiamodificationexpo yang digelar virtual 10 October nanti! Jangan lupa mendukung seluruh peserta #AMMDesDigimodz2 agar mendapatkan social media favourite ya! #AMMDesDigimodz2 #KemenperinRI #AMMDes #NMAA #StandardisBoring #indonesianpride

A post shared by AMMDes KMW (@ammdeskmw) on Sep 29, 2020 at 5:21am PDT

Tapi, hanya ada satu pemenang yang berhak mendapat uang tunai Rp 10 juta. Pemenang jatuh kepada Irvan Adi Pratama, dari Ivan CSX Studio, dengan karyanya mobil filtrasi air bersih.

"Konsep modifikasinya mengacu sedikit kepada style Rally Raid Dakkar Truck. Namun, menyesuaikan dengan dimensi AMMDes," ujar Irvan, dalam unggahannya di Instagram.

Pemenang AMMDes Digimodz 2 di IMX 2020Istimewa Pemenang AMMDes Digimodz 2 di IMX 2020

Irvan menambahkan, modifikasi tersebut ditujukan agar AMMDes mampu mencakup daerah-daerah terpencil. Agar semua dapat merasakan air bersih, bagian belakang terdapat mesin penjernih air lengkap dengan torrent untuk menyimpan air bersih hasil saringan.

Baca juga: AMMDes Hasil Inovasi Anak Bangsa, TKDN Capai 40 Persen

"Konsep utamanya adalah membuat AMMDes ini menjadi alat filtrasi air bersih dari sungai. Mengingat sering kali ditemui di berita bahwa masyarakat pedesaan sering kali kesulitan mendapat supply air bersih," kata Irvan.

Menurut Irvan, karena jalan di pedesaan tidak selalu mulus, maka itu dia mengangkat konsep truk Rally Dakkar. Agar mobil tersebut sanggup melewati medan terjal dan mencakup semua pedesaan yang butuh air bersih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.