Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Bali Naik Bus Sultan, Cuma Rp 250.000

Kompas.com - 09/10/2020, 15:31 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Isilah sultan bisa diartikan sebagai raja atau baginda, saat ini malah lebih terkesan sebagai orang yang sangat kaya dan dikelilingi dengan kemewahan. Bahkan istilah sultan ini juga digunakan sebagai nama kelas bus.

Misalnya seperti Sultan Class dari perusahaan otobus (PO) MTrans di Bali. Sesuai dengan namanya, penumpang dilayani bagaikan sultan dengan fasilitas mewah yang ada di kabin bus ini.

Rute dari Sultan Class PO Mtrans ini dari Denpasar – Malang – Batu – Ngantang – Kandangan – Pare – Kediri begitu juga sebaliknya. Harga tiket Sultan Class ini juga lumayan terjangkau, dengan fasilitas yang mewah, dihargai Rp 250.000 saja.

Baca juga: Mobil Lebih Boros Pakai Premium, Apa Penyebabnya?

 

Selain mewah, Sultan Class ini juga sudah mengikuti tren social distancing bus. Jadi susunan kursinya diubah menjadi 1 di kanan, 1 di tengah, dan 1 di kiri (1-1-1). Susunan kursi seperti ini membuat adanya jarak antar penumpang, sehingga bisa mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Selain sudah berjarak antar penumpangnya, kursi yang digunakan juga super lebar. Oleh karena itu, jumlah kursi yang ada di kabin tidak begitu banyak, penumpang akan merasa semakin eksklusif saat menaikinya.

“Jumlah kursi yang ada di kabin bus ini yaitu 22 kursi. Selain itu, kursi yang digunakan juga memiliki fitur legrest dan armrest,” ucap Staff Sales karoseri Tentrem, Dimas Raditya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Harga Innova Bekas di Balai Lelang Cuma Rp 70 Jutaan

Interior bus social distancinginstagram/karoseritentrem Interior bus social distancing

Kemudian setiap kursinya diberi fasilitas colokan listrik untuk mengisi daya telepon genggam. Selain itu penumpang juga diberikan fasilitas berupa selimut, bantal, air mineral, makan siang, snack, dan makan malam.

Keunikan lain dari Sultan Class PO MTrans ini yaitu adanya pengumuman seperti yang biasa ditemui di kabin pesawat. Pengumuman yang dilakukan lewat audio dan video yang ditayangkan ke penumpang saat bus memulai perjalanan.

Sasis dan bodi yang digunakan oleh Sultan Class ini yaitu Mercedes Benz OH 1626 dibalut dengan bodi Avante H8 dari karoseri Tentrem. Keunggulan dari sasis OH 1626 dan Avante H8 ini yaitu bagasinya yang luas dan tembus antara kanan dan kirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com