Mitos atau Fakta, Sering Cuci Helm Bisa Bikin Busa Kempis?

Kompas.com - 07/10/2020, 10:42 WIB
Membersihkan helm. MotorcycleMembersihkan helm.

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar kenyamanan tetap terjaga, helm sebaiknya dibersihkan dengan cara dicuci, biasanya dua minggu sekali. Sebab tidak jarang bau keringan yang menempel sulit dihilangkan.

Tetapi, terlalu sering mencuci helm disebut akan berdampak negatif. Menurut mitos yang beredar, helm bisa menjadi kendor karena busa lebih cepat mengimpis. Lantas benarkah demikian?             

Baca juga: Hasil Uji Coba Bus Listrik TransJakarta Memuaskan                 

Pegiat dari komunitas Belajar Helm Ahmad M menegaskan bahwa fakta tersebut benar. Apalagi, bila helm yang digunakan tidak SNI (Standar Nasional Indonesia) dan berkualitas rendah.

Busa helm juga bisa kadaluarsa.Kompas.com/Setyo Adi Busa helm juga bisa kadaluarsa.

“Lumrah sebenarnya mengingat setiap busa pada helm memiliki masa kedaluwarsa. Tapi jika helm yang digunakan berkualitas atau branded, masanya lebih panjang. Jadi tidak masalah bila rajin dicuci,” ujar pria yang akrab disapa Mamat kepada Kompas.com, Selasa 
(6/10/2020).

Baca juga: Modifikasi Lampu Tanpa Hilangkan Garansi? Sulit Dilakukan        

Berbicara kedaluwarsa pada helm sendiri, bila digunakan sehari-hari biasanya memiliki usia tiga sampai lima tahun. Sedangkan bila helm yang digunakan berkualitas rendah, biasanya dalam jangka waktu satu tahun sudah harus diganti.

“Sebab ketika busa helm sudah mengempis, tidak bisa menjaga kepala, sama saja menggunakan helm dengan ukuran yang tidak sesuai. Dampaknya adalah pada keamanan berkendara,” kata Mamat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X