Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Musim Hujan, Hindari Parkir di Tempat Berikut Ini

Kompas.com - 06/10/2020, 18:07 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Wilayah Jakarta dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir sering diguyur hujan. Bagi Anda yang kerap parkir di luar ruangan, wajib perhatikan beberapa hal ini.

Pasalnya parkir di luar ruangan lebih berisiko terhadap mobil Anda. Pertama, mobil rentan terkena pohon tumbang apabila hujan lebat disertai angin yang kencang.

Tempat parkir di bawah pepohonan yang besar bisa berakibat fatal,” ucap Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Pertamina Segera Turunkan Harga Pertalite di Pulau Jawa, Dengan Syarat

Area parkir luas di Point 11 (Dok. Point 11) Area parkir luas di Point 11

“Selain tumbang, ranting dan dahan pohon yang jatuh juga bisa menggores bodi mobil. Belum lagi getahnya juga merusak lapisan cat,” katanya.

Jusri mengatakan, pemilik mobil juga harus menghindari tempat parkir yang berpotensi tergenang air saat hujan deras.

Area parkir dengan kontur cekung berisiko banjir, otomatis mobil yang terparkir bisa tergenang,” ujarnya.

Baca juga: Innova Facelift Segera Meluncur, Apa Bedanya dengan Model Lama?

Suasana pemukiman dan tempat parkir kendaraan yang tergenang banjir di tepian Sungai Kapuas, Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (15/9/2020). Kota Putussibau masih terendam banjir dan mengalami pemadaman listrik serta jaringan telekomunikasi sejak Minggu (13/9/2020).ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSA Suasana pemukiman dan tempat parkir kendaraan yang tergenang banjir di tepian Sungai Kapuas, Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (15/9/2020). Kota Putussibau masih terendam banjir dan mengalami pemadaman listrik serta jaringan telekomunikasi sejak Minggu (13/9/2020).

Ia pun menyarankan Anda untuk bertanya dahulu kepada petugas parkir atau warga sekitar, apakah area parkir tersebut rawan banjir saat hujan deras.

Tempat berikutnya yang rawan saat musim hujan adalah di bawah papan reklame. Menurut Jusri, hujan deras yang disertai angin kerap kali merobohkan media iklan ini.

“Meski papan reklame sudah dirancang dan dibangun kokoh, dengan perhitungan matang, bukan tidak mungkin rentan tertiup angin dan berpotensi roboh,” kata Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com