Begini Cara Mudah Cek Keausan Kampas Rem Motor

Kompas.com - 03/10/2020, 11:21 WIB
Rem cakra depan bisa tidak pakem, ketika terkena oli suspensi. Ghulam/KompasOtomotifRem cakra depan bisa tidak pakem, ketika terkena oli suspensi.
Penulis Ari Purnomo
|

SEMARANG, KOMPAS.com - Perawatan komponen sepeda motor sebaiknya memang dilakukan secara rutin pada kilometer tertentu.

Ini bertujuan agar kinerja dari komponen tersebut tetap terjaga serta mencegah dari kerusakan yang tidak terdeteksi.

Misalkan saja untuk bagian perangkat pengereman. Komponen yang mempunyai tugas sangat vital yakni mengurangi laju kendaraan ini harus dipastikan kondisinya tetap baik.

Selain memastikan volume minyak rem, bagian yang harus dipastikan masih bagus adalah kampasnya.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Penerbitan STNK Baru

Kampas ini harus dipastikan masih tebal atau belum habis sehingga saat digunakan dapat menekan cakram atau tromol dengan sempurna.

Untuk melakukan pengecekan kondisi brake shoe ini cukuplah mudah, baik untuk rem cakram maupun yang masih menggunakan tromol.

Pemilik kendaraan tidak perlu sampai melakukan pembongkaran jika memang tidak akan melakukan penggantian.

Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang Fachrul Reza menjelaskan, untuk perawatan atau pemeriksaan perangkat rem sebaiknya dilakukan secara berkala.

“Lakukan perawatan berkala pemeriksaan rem cakram maupun rem tromol setiap 10.000 kilometer sekali agar performa pengereman tetap terjaga,” kata Reza kepada Kompas.com, Jumat (2/10/2020).

Indikator keausan rem pada sepeda motor Indikator keausan rem pada sepeda motor

Baca juga: Ini Sanksi Buat Pengendara yang Tak Punya SIM

Untuk mengecek kondisi kampas, Reza memberikan tips mudah tanpa harus membongkarnya. Untuk rem cakram cara mengecek batas keausan kampas rem adalah dengan melihat alur-alur pada kampas remnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X