Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Sepeda Motor Klasik Bekas yang Harganya Selangit

Kompas.com - 01/10/2020, 15:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga sepeda motor tua atau klasik berbanding terbalik dengan nilai barangnya. Meski usianya tak muda, tak jarang motor klasik punya harga yang jauh di atas motor baru.

Alasannya bisa berbagai macam, mulai dari nilai motornya sendiri karena edisi khusus atau terbatas hingga jadi buruan kolektor. 

Salah satu motor klasik yang harganya stabil dan cenderung naik terus ialah Vespa. Skuter Italia itu merupakan salah satu merek yang punya penggemar fanatik dan terus mencari model-model yang langka.

Motor lain yang harganya terus naik ialah Honda NSR 150 series. Pada awalnya motor ini masuk lewat jalur CBU sehingga populasinya tidak terlalu banyak. Tampang menarik dan kencang membuatnya jadi buruan.

Baca juga: 4 Motor Retro Klasik yang Dijual di Indonesia

Vespa GS Vespa GS

1. Vespa GS

Bambang atau yang akrab disapa Om Beng, pendiri Indonesia Vespa Days, mengatakan, sejatinya sejak kemunculannya Vespa, alah satu model klasik yang bernilai tinggi yaitu Vespa Grand Sport (GS)

Khusus GS-Series mahal karena memang produk flagship yang diciptakan oleh Piaggio. Jadi secara kasta, model ini lebih tinggi ketimbang yang lainnya.

"Jadi patokannya berdasarkan Piaggio, beda dengan yang berkembang sekarang itu mahal karena pasar yang membuat beberapa kriteria. Tapi kalau secara produk itu, kalau zaman sekarang (Vespa matik) itu seperti Vespa 946," katanya.

Vespa GS-Series punya dua varian yakni tipe VS dan MK. Pada GS tipe VS punya lima seri yakni VS1 sampai VS5. Sedangkan tipe MK hanya dua yaitu Mark 1 dan Mark 2.

GS VS mengusung mesin 150cc sedangkan GS MK 160cc. Selain mesin karakteristiknya terlihat pada warna, tipe GS VS hanya tersedia dalam warna silver, sedangkan GS MK berbalut kelir putih.

"Harganya sekarang itu sudah Rp 300 juta hampir setengah miliar," kata Om Beng.

Honda NSR 150 SPTyga-performance.com Honda NSR 150 SP

2. Honda NSR 150 Series

Sekitar Mei 2020, Honda NSR 150 SP dikabarkan terjual dengan harga Rp 200 jutaan. Sebagian orang ragu pada hal tersebut, karena bisa saja itu merupakan trik pedagang untuk menaikkan harga sepeda motor itu.

Di luar dari kasus tersebut, NSR 150 series memang sudah banyak penggemarnya.

Di Indonesia, motor sport 150 cc 2-tak ini punya beberapa tipe, antara lain NSR 150 R, NSR 150 RR Astra, NSR 150 RR, dan NSR 150 SP.

Baca juga: 3 Motor Klasik Favorit buat Bahan Modifikasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com