Daftar Sepeda Motor Klasik Bekas yang Harganya Selangit

Kompas.com - 01/10/2020, 15:02 WIB
Vespa GS, salah satu model langka yang ada di Indonesia. KompasOtomotif-Donny AprilianandaVespa GS, salah satu model langka yang ada di Indonesia.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga sepeda motor tua atau klasik berbanding terbalik dengan nilai barangnya. Meski usianya tak muda, tak jarang motor klasik punya harga yang jauh di atas motor baru.

Alasannya bisa berbagai macam, mulai dari nilai motornya sendiri karena edisi khusus atau terbatas hingga jadi buruan kolektor. 

Salah satu motor klasik yang harganya stabil dan cenderung naik terus ialah Vespa. Skuter Italia itu merupakan salah satu merek yang punya penggemar fanatik dan terus mencari model-model yang langka.

Motor lain yang harganya terus naik ialah Honda NSR 150 series. Pada awalnya motor ini masuk lewat jalur CBU sehingga populasinya tidak terlalu banyak. Tampang menarik dan kencang membuatnya jadi buruan.

Baca juga: 4 Motor Retro Klasik yang Dijual di Indonesia

Vespa GS Vespa GS

1. Vespa GS

Bambang atau yang akrab disapa Om Beng, pendiri Indonesia Vespa Days, mengatakan, sejatinya sejak kemunculannya Vespa, alah satu model klasik yang bernilai tinggi yaitu Vespa Grand Sport (GS)

Khusus GS-Series mahal karena memang produk flagship yang diciptakan oleh Piaggio. Jadi secara kasta, model ini lebih tinggi ketimbang yang lainnya.

"Jadi patokannya berdasarkan Piaggio, beda dengan yang berkembang sekarang itu mahal karena pasar yang membuat beberapa kriteria. Tapi kalau secara produk itu, kalau zaman sekarang (Vespa matik) itu seperti Vespa 946," katanya.

Vespa GS-Series punya dua varian yakni tipe VS dan MK. Pada GS tipe VS punya lima seri yakni VS1 sampai VS5. Sedangkan tipe MK hanya dua yaitu Mark 1 dan Mark 2.

GS VS mengusung mesin 150cc sedangkan GS MK 160cc. Selain mesin karakteristiknya terlihat pada warna, tipe GS VS hanya tersedia dalam warna silver, sedangkan GS MK berbalut kelir putih.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X