Oli Campur Pisang Bisa Rusak Mesin Kendaraan?

Kompas.com - 01/10/2020, 14:01 WIB
Ilustrasi pemilik mobil yang memasukan pisang ke dalam mesin kendaraanya. Tujuannya sebagai pengganti oli mesin. Padahal tindakan ini dinilai salah dan dianggap sebagai mitos sesat. Kompas.com/Alsadad RudiIlustrasi pemilik mobil yang memasukan pisang ke dalam mesin kendaraanya. Tujuannya sebagai pengganti oli mesin. Padahal tindakan ini dinilai salah dan dianggap sebagai mitos sesat.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan pelumas kendaraan bermotor yang terbaik, yaitu sesuai dengan karakter mesinnya.

Dengan begitu, maka pelumasan yang terjadi di ruang mesin bisa sempurna dan menjangkau celah sempit yang ada di dalamnya.

Hanya saja, tidak jarang ada pemilik kendaraan yang bereksperimen dengan menambahkan bahan tambahan pada pelumas.

Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan kinerja pelumas sehingga komponen yang ada di dapur pacu bisa lebih bagus dan meningkatkan performa kendaraan.

Baca juga: Blokir STNK Tak Perlu ke Samsat, Begini Caranya

Lebih ekstrim lagi dengan menambahkan bahan tidak biasa seperti minyak goreng hingga buah pisang.

Lalu apa yang terjadi jika bahan-bahan tersebut ditambahkan pada pelumas?

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, menambahkan bahan lain seperti pisang sangatlah berbahaya dan bisa merusak mesin.

Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobilhttp://www.jupitergaragesheffield.co.uk Ilustrasi ganti oli atau pelumas mesin mobil

“Kalau sampai dikasih pisang bisa berefek secara langsung kepada mesin,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Bambang menambahkan, pelumas yang dicampur dengan buah pisang akan membuat tingkat kekentalan oli juga akan berubah yang tentunya tidak lagi sesuai dengan karakter mesin.

Hal tersebut jelas akan membuat komponen di dalam dapur pacu yang biasanya terlumasi oleh oli akan rusak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X