Jarak Aman Kendaraan Nyalakan Lampu Sein Sebelum Belok atau Pindah Jalur

Kompas.com - 01/10/2020, 13:41 WIB
Menggunakan lampu sein atau isyarat di jalan ada etika dan aturannya. KOMPAS.com/RulyMenggunakan lampu sein atau isyarat di jalan ada etika dan aturannya.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyalakan lampu sein menjadi hal yang wajib dilakukan oleh setiap pengendara kendaraan bermotor ketika hendak berbelok atau berganti jalur.

Hal ini bertujuan untuk memberitahu kepada pengendara kendaraan lain agar lebih berhati-hati. Melalui lampu isyarat tersebut, pengguna jalan lain bisa melakukan antisipasi sehingga mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Akan tetapi, tidak sedikit pengendara yang masih asal-asalan saat menyalakan lampu reting tersebut.

Ada yang terlalu cepat sebelum berbelok sehingga membuat pengendara lain kaget karena tidak bisa melakukan antisipasi.

Baca juga: Blokir STNK Tak Perlu ke Samsat, Begini Caranya

Sebaliknya, ada yang menyalakan lampu sein terlalu jauh sebelum berbelok sehingga membuat pengendara yang ada di depan atau pun di belakang menjadi bingung.

Menggunakan lampu sein atau isyarat di jalan ada etika dan aturannya.KOMPAS.com/Ruly Menggunakan lampu sein atau isyarat di jalan ada etika dan aturannya.

Lalu berapa jarak aman atau waktu ideal menyalakan lampu isyarat berbelok tersebut?

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng Oke Desiyanto mengatakan, memberikan isyarat saat hendak berganti arah perlu dilakukan setiap pengendara kendaraan bermotor.

Hal ini bertujuan untuk memberitahu pengendara lainnya sehingga pengendara lain bisa mengetahui arah kendaraan di depannya.

Mengenai waktu yang tepat menyalakan lampu sein, Oke mengatakan, minimal 30 meter sebelum kendaraan berbelok.

Baca juga: STNK Hilang Tapi Motor Masih Kredit, Begini Cara Mengurusnya

“Teknik memberi isyarat lampu adalah 3 detik sebelum berubah atau berpindah lajur, bergerak ke samping dan 30 meter sebelum berbelok harus menyalakan sein,” ujar Oke kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X