Lebih Bahaya Mana, Tekanan Udara Ban yang Kurang atau Kelebihan?

Kompas.com - 28/09/2020, 11:42 WIB
Ilustrasi cek tekanan udara pada ban americatop10.comIlustrasi cek tekanan udara pada ban

JAKARTA, KOMPAS.com – Ban merupakan komponen penting yang terpasang pada mobil, namun yang tak kalah penting yaitu tekanan udara ban. Karena yang menopang beban mobil, bukan lah karet bannya saja, melainkan berapa tekanan udara di dalamnya.

Setiap mobil pasti memiliki berapa tekanan udara pada ban yang direkomendasikan, sesuai dengan beban yang dibawa. Jika kekurangan maupun kelebihan tekanan udaranya, tentu akan memberi efek negatif pada ban.

Dari kedua kondisi ini, tekanan ban yang kurang lebih berbahaya dibanding kelebihan. Keadaan ban yang kurang tekanan udaranya sama seperti mengangkut beban berlebihan, sehingga bisa membuat pecah ketika digunakan.

Baca juga: Mobil Terparkir Lama Lebih Baik Pakai Rem Tangan atau Ganjal Ban?

tekanan udara banKompas.com/Fathan Radityasani tekanan udara ban

“Tetap berkendara walaupun tekanan udaranya kurang bisa menyebabkan dinding samping akan mengalami defleksi yang berlebihan. Hal ini yang bisa membuat ban pecah ketika dikendarai,” ucap Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk., kepada Kompas.com belum lama ini.

Ban yang mengalami defleksi berlebihan, akan membuat benang pada dinding ban kelelahan. Pada kondisi tertentu, bagian yang terdefleksi akan melepuh karetnya sehingga benang jadi hangus atau putus.

Baca juga: Berburu SUV Bekas di Bawah Rp 200 Juta, Bisa Dapat Fortuner dan CR-V

“Bahkan kalau mobil masuk tol, disarankan untuk tambah tekanan udara ban 1 sampai 3 psi untuk menghindari defleksi pada dinding ban yang berlebihan. Kelebihan 1-3 psi tidak akan membuat ban pecah,” kata Zulpata.

Namun perlu diingat juga, kelebihan tekanan udara pada ban bisa membuat tapak ban aus bagian tengahnya saja, sampingnya tidak. Selain itu, kemudi jadi terasa terlalu ringan yang membuat mobil sulit dikendalikan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X