Mobil Terparkir Lama Lebih Baik Pakai Rem Tangan atau Ganjal Ban?

Kompas.com - 27/09/2020, 12:02 WIB
Penyebab utama tali rem tangan putus Stanly/OtomaniaPenyebab utama tali rem tangan putus

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang kembali diperpanjang hingga 11 Oktober 2020, membuat beberapa pekerja tetap melakukan Work From Home (WFH).

Hal tersebut tentu berdampak pada kendaraan yang hanya terpakir di garasi rumah selama pandemi Covid-19.

Bicara soal kendaraan, ada hal yang harus diperhatikan ketika memarkir mobil dalam waktu yang lama, yakni jangan mengaktifkan rem tangan atau (handbrake).

Rusak

Rem tangan yang diaktifkan saat mobil parkir lama berpotensi membuat sistem pengereman rusak.

Pengunaan rem tanganStanly/Otomania Pengunaan rem tangan

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya, Rossi Start Urutan Ketiga

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi menjelaskan, jika rem tangan aktif saat parkir mobil dalam jangka waktu yang lama, kampas rem bisa menekan brake drum dan lama kelamaan akan lengket.

Mobil yang sudah diparkir lama umumnya sudah terjadi adhesi, jadi kampas rem gampang melekat pada brake drum. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya potensi lengket,” ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (27/9/2020).

Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.STANLY RAVEL-KOMPAS.com Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

Proses

Jika kampas rem sudah terlanjur melekat dengan brake drum, maka proses pelepasannya membutuhkan waktu dan tergolong akan sulit.

Beberapa kalangan biasanya memaksa mobil untuk jalan maju mundur secara berulang-ulang sampai rem tak lagi menempel pada brake drum.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X