Toyota Masih Punya Simpanan Produk Baru di Tahun Ini

Kompas.com - 18/09/2020, 14:01 WIB
New Toyota Fortuner Legender Toyota ThailandNew Toyota Fortuner Legender
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAs.com - Tak hanya berhenti di Yaris facelift, PT Toyota Astra Motor (TAM) rupanya masih menyimpan beberapa produk baru yang bakal digelontorkan hingga akhir 2020 mendatang.

Anton Jimmi Suawandy, Direktur Pemasaran PT TAM, mengatakan untuk tahun ini masih ada beberapa model lagi yang akan segera diluncurkan. Adanya produk baru tersebut, diharapkan bisa memberikan stimulus ke pasar otomotif.

"Untuk tahun ini kami masih ada beberapa simpanan lagi yang akan kita luncurkan, tapi memang sekarang belum bisa disampaikan dulu karena belum final," kata Anton dalam webinar Kompas Talk, Kamis (18/9/2020).

Sayang ketika ditanya soal jenisnya, Anton masih menutup rapat keran informasi soal produk baru tersebut. Begitu juga ketika ditanya kepastian jumlahnya, dia enggan untuk memberikan jawaban.

Baca juga: Pandemi Tak Kunjung Usai, Gaikindo Revisi Target Penjualan Lagi

Namun meski kondisi masih di tengah pandemi yang tak pasti kapan selesai, Anton memastikan Toyota tidak menghentikan kesiapan dalam pengembangan produk-produk barunya. Termasuk juga dari sisi produksi dan merketing.

Toyota Fortuner 2020Toyota Toyota Fortuner 2020

"Saya belum bisa komentar, tapi yang pastinya ada sedang kita siapan, tinggal ditunggu saja tanggal mainnya," ucap Anton.

Berdasarkan rumors yang berkembang, Toyota memang masih menyimpang beberapa model baru. Salah satu isu yang paling kencang adalah kehadiran Fortuner facelift, lantaran di Thailand SUV bongsor ini pun sudah diremajakan.

Selain itu, sebelumnya Anton juga sudah memberikan sinyal untuk GR Yaris dengan mengatakan bakal mempelajari pasarnya di Indonesia.

Pasar

Saat disinggung seberapa efektif meluncurkan produk baru di tengah pandemi yang dari segi pasar sedang lesu serta menggunakan cara-cara digital, Anton menjelaskan sejauh ini penerimaannya masih positif.

Dari beberapa model yang telah diluncurkan Toyota ketika Indonesia dilanda pandemi dengan ragam aktivitas yang dibatasi, masih ada penerimaan dari masyarakat untuk produk baru.

Baca juga: Sinyal Toyota untuk GR Yaris Bisa Hadir di Indonesia

"Tahun ini kami ada banyak produk yang diluncurkan, mulai dari Agya facelift di awal pandemi, lalu pada Agustus kemarin kami agresif lagi, ada Corolla Cross, Kijang Innova TRD, Sienta, Hilux, dan Yaris pada awal September," ucap Anton.

Kijang Innova TRD Sportivo menjadi MPV bergaya sporty yang diluncurkan Toyota bertepatan dengan momentum perayaan Hari Kemerdekaan RI.TAM Kijang Innova TRD Sportivo menjadi MPV bergaya sporty yang diluncurkan Toyota bertepatan dengan momentum perayaan Hari Kemerdekaan RI.

"Evaluasinya seperti apa, contoh untuk Corolla Cross dari total SPK jujur sangat baik, karena di awal kami pikir hanya sekitar 200-an SPK. Pada Agustus sudah 317 unit, lalu September 117 unit, jadi dijumlah 400-an SPK dan ini sangat baik," kata dia.

Tak hanya Corolla Cross saja, pencapaian lain yang menunjukan bila kebutuhan akan mobil baru masih ada juga dari pencapaian Innova TRD. Menurut Anton, sejak diluncurkan banyak konsumen yang tertarik, meski belum ada angka pasti, tapi diklaim unitnya di beberapa diler sudah terbatas.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X