Cara Benar Parkir Mobil di Jalan Menanjak dan Menurun, Harus Diganjal

Kompas.com - 18/09/2020, 13:02 WIB
ilustrasi parkir mobil pararel www.rgj.comilustrasi parkir mobil pararel
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menempatkan mobil saat parkir sebaiknya memilih tempat dengan kontur jalan yang datar atau tidak menanjak maupun menurun.

Dengan kondisi jalan yang datar, maka akan lebih baik untuk menjaga komponen mobil seperti handbrake agar tidak bekerja terlalu berat saat menahan beban kendaraan.

Berbeda halnya saat mobil parkir di jalan menanjak atau menurun, maka kerja rem tangan tentunya akan lebih berat saat menahan beban kendaraan.

Hal ini salah satunya karena adanya daya dorong atau gravitasi sehingga kendaraan mempunyai beban yang lebih berat dibandingkan saat parkir di jalan yang kondisinya datar.

Baca juga: Saat Bayar Pajak STNK Asli Hilang, Bisa Pakai Foto Copy?

Hanya saja, terkadang pemilik kendaraan tidak bisa memilih lokasi parkir yang datar karena yang tersedia hanya jalan menanjak atau menurun.

Seorang tukang ganjal mengganjal ban mobil pemudik yang tidak kuat melintas pada arus balik H+2 Lebaran di Tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019).ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI Seorang tukang ganjal mengganjal ban mobil pemudik yang tidak kuat melintas pada arus balik H+2 Lebaran di Tanjakan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019).

Jika kondisinya seperti itu, ada cara aman agar parkir tetap aman dan komponen mobil juga tidak bekerja terlalu berat.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi menjelaskan, mobil yang parkir di jalan yang tidak datar seperti jalan menanjak atau menurun akan berdampak pada sistem pengereman.

“Saat parkir di jalan yang posisinya menanjak atau menurun, sebaiknya tambah dengan ganjalan di belakang ban. Dengan begitu, mobil tidak bergerak,” ujar Didi kepada Kompas.com, Kamis (17/9/2020).

Baca juga: SIM Bisa Gantikan KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan, Ini Syaratnya

Ganjalan yang bisa dipilih untuk menahan ban agar tidak bergerak bisa berbentuk balok kayu atau benda lain yang kuat untuk menahan beban kendaraan.

Sehingga, mobil tidak hanya mengandalkan kekuatan handbrake saja untuk menahan kendaraan tetapi juga ditopang menggunakan penahan lainnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X