Sinyal Toyota untuk GR Yaris Bisa Hadir di Indonesia

Kompas.com - 10/09/2020, 13:21 WIB
Toyota GR Yaris Toyota GR Yaris
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Jepang siap meluncurkan All New GR Yaris pada pertengahan September ini. Beda dengan model reguler, versi racikan Gazoo Racing tersebut bakal memiliki tenaga yang jauh lebih buas.

Seperti diketahui, GR Yaris sendiri dirancang secara khusus untuk mengikuti ajang balap WRC. Dengan demikian, dari sisi performa dan pengembangnya bisa dipastikan beda jauh dengan model reguler, atau bisa juga dianggap sebagai alter ego dari Yaris biasa.

Nah, mengingat tingginya animo terhadap GR Yaris, termasuk dari konsumen di Indonesia, ternyata mendatangkan inisiatif bagi Toyota Astra Motor (TAM) untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pasarnya.

Baca juga: PSBB Ketat, Pergerakan Keluar Masuk Jakarta Kembali Dibatasi?

"Memang sudah banyak sekali konsumen kami yang menanyakan soal GR Yaris, kita pun sudah mendengar itu semua. Tapi perlu ditekankan, bila GR Yaris itu beda dengan Yaris yang ada sekarang," ucap Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy, Selasa (8/9/2020).

Toyota Yaris GR meluncur di Jepang pada 4 September 2020.Toyota Global Toyota Yaris GR meluncur di Jepang pada 4 September 2020.

Anton menjelaskan dari segi segmen, GR Yaris tidak bisa disamakan dengan model reguler, begitu juga dari target pasar atau penggunannya.

Kondisi tersebut lantaran banyaknya perbedaan serta karakteristik dari kendaraan. Mulai dari segi harga sangat jauh dengan model reguler, sisi performa, mesin, sampai teknis-teknis lain layaknya pengereman dan handling.

"Saya belum bisa komentar, tapi kita akan coba pelajari pasarnya di Indonesia. Karena seperti diketahui GR Yaris ini kan berbeda sekali dengan Yaris yang ada di kita," ucap Anton.

Baca juga: Tergerus SUV, Toyota Masih Optimistis Pasarkan Yaris Facelift

Toyota Yaris GRToyota Global Toyota Yaris GR

Mengusung DNA sport, tak hanya tampilan saja yang menjadi modal GR Yaris, tapi juga dari segi dapur pacu yang diklaim cukup buas. Hadir dengan mesin G16-GE berkubikasi 1.600 cc turbo tiga silinder, tenaga yang dihasilkan mencapai 268 tk dan torsinya mencapai 370 Nm.

Olahan tenaga dari mesin tersebut disalurkan ke roda penggerak GR-Four AWD melalui transmisi manual enam percepatan. Jadi jangan berharap bila GR Yaris ini ada pilihan transmisi matik atau CVT-nya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X