Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal Toyota untuk GR Yaris Bisa Hadir di Indonesia

Kompas.com - 10/09/2020, 13:21 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Jepang siap meluncurkan All New GR Yaris pada pertengahan September ini. Beda dengan model reguler, versi racikan Gazoo Racing tersebut bakal memiliki tenaga yang jauh lebih buas.

Seperti diketahui, GR Yaris sendiri dirancang secara khusus untuk mengikuti ajang balap WRC. Dengan demikian, dari sisi performa dan pengembangnya bisa dipastikan beda jauh dengan model reguler, atau bisa juga dianggap sebagai alter ego dari Yaris biasa.

Nah, mengingat tingginya animo terhadap GR Yaris, termasuk dari konsumen di Indonesia, ternyata mendatangkan inisiatif bagi Toyota Astra Motor (TAM) untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pasarnya.

Baca juga: PSBB Ketat, Pergerakan Keluar Masuk Jakarta Kembali Dibatasi?

"Memang sudah banyak sekali konsumen kami yang menanyakan soal GR Yaris, kita pun sudah mendengar itu semua. Tapi perlu ditekankan, bila GR Yaris itu beda dengan Yaris yang ada sekarang," ucap Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy, Selasa (8/9/2020).

Toyota Yaris GR meluncur di Jepang pada 4 September 2020.Toyota Global Toyota Yaris GR meluncur di Jepang pada 4 September 2020.

Anton menjelaskan dari segi segmen, GR Yaris tidak bisa disamakan dengan model reguler, begitu juga dari target pasar atau penggunannya.

Kondisi tersebut lantaran banyaknya perbedaan serta karakteristik dari kendaraan. Mulai dari segi harga sangat jauh dengan model reguler, sisi performa, mesin, sampai teknis-teknis lain layaknya pengereman dan handling.

"Saya belum bisa komentar, tapi kita akan coba pelajari pasarnya di Indonesia. Karena seperti diketahui GR Yaris ini kan berbeda sekali dengan Yaris yang ada di kita," ucap Anton.

Baca juga: Tergerus SUV, Toyota Masih Optimistis Pasarkan Yaris Facelift

Toyota Yaris GRToyota Global Toyota Yaris GR

Mengusung DNA sport, tak hanya tampilan saja yang menjadi modal GR Yaris, tapi juga dari segi dapur pacu yang diklaim cukup buas. Hadir dengan mesin G16-GE berkubikasi 1.600 cc turbo tiga silinder, tenaga yang dihasilkan mencapai 268 tk dan torsinya mencapai 370 Nm.

Olahan tenaga dari mesin tersebut disalurkan ke roda penggerak GR-Four AWD melalui transmisi manual enam percepatan. Jadi jangan berharap bila GR Yaris ini ada pilihan transmisi matik atau CVT-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com