Cara Mudah Bikin Stiker Bodi Awet Menempel di Mobil

Kompas.com - 17/09/2020, 17:01 WIB
Livery mobil reli. IG Rally Look IndonesiaLivery mobil reli.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit pemilik mobil yang memilih untuk melapisi bodi mobilnya dengan stiker daripada harus mengecatnya. Namun, banyak yang mengira bahwa stiker bodi tersebut bebas perawatan.

Kenyataannya, stiker bodi perlu dirawat agar tidak mudah mengelupas atau tidak menjadi kusam. Bahkan, beda jenis stiker, berbeda juga perawatannya.

Baca juga: Simak, Tidak Semua Bodi Mobil Bisa Dilapisi Stiker

Galih Sugiyanto, dari Pacman Sticker, mengatakan, secara umum ada dua jenis stiker yang biasa digunakan untuk melapisi bodi mobil, yakni glossy dan doff. Cara perawatan dua jenis itu sederhana, namun keduanya punya ciri khas tersendiri.

Modifikasi Suzuki Ignis Rally LookKompas.com/Donny Modifikasi Suzuki Ignis Rally Look

“Cara merawat tinggal dicuci saja, tidak ada perawatan khusus. Paling kalau kusam, bisa dipoles pakai minyak tanah, bersihkan pakai sabun atau sampo,” ujar Galih, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Galih menambahkan, stiker doff boleh dicuci menggunakan sabun. Tapi, jangan sampai terkena cairan pemoles atau sejenisnya.

Baca juga: Pasang Stiker, Bikin Ganteng Mobil Sekaligus Hindari Lecet

Stiker doff kan berpori, nanti kimia obat poles bisa meresap ke situ. Kalau glossy aman malah bisa dipoles,” kata Galih.

Namun, meski boleh dipoles, hindari memolesnya dengan menggunakan mesin. Sebab, kekuatan putaran mesin poles berpotensi merusak permukaan stiker.

Gakih mengatakan, jika dirawat dengan baik, stiker di bodi mobil bisa bertahan sampai dua tahun hingga tiga tahun.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X