Pasang Stiker, Bikin Ganteng Mobil Sekaligus Hindari Lecet

Kompas.com - 15/09/2020, 14:01 WIB
Ilustrasi stiker doff StanlyIlustrasi stiker doff

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara praktis untuk bikin mobil semakin keren adalah melapisinya dengan stiker atau decal. Cara ini banyak dilakukan para pencinta modifikasi karena berbagai alasan.

Alasan pertama adalah mudah dilakukan dan ubahan yang terlihat cukup signifikan. Selain itu, harganya lebih terjangkau dibandingkan mengecat bodi dengan teknik airbrush.

Baca juga: Ini Fungsi Stiker Pemantul di Bus, Truk dan Mobil Bak

Tak hanya berfungsi untuk meningkatkan tampilan mobil, stiker juga bisa melindungi cat. Sebab, material stiker lebih tahan terhadap lecet ketimbang cat.

Best Decal Honda BrioHPM Best Decal Honda Brio

“Cat itu kan kalau kena lap kasar sedikit saja bisa baret halus. Nah, pakai stiker bisa mengurangi luka baret,” kata Galih Sugiyanto, dari Pacman Sticker, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Galih menambahkan, jika dipasang dengan benar, stiker yang digunakan melapisi bodi mobil bisa bertahan hingga tiga tahun. Cara perawatannya juga cukup sederhana.

Baca juga: Benarkah Copot Stiker di Bodi Kendaraan Bisa Pakai Minyak Kayu Putih?

"Secara umum ada dua jenis stiker bodi mobil, yaitu doff dan glossy. Salah satu hal penting untuk diketahui, stiker doff memiliki pori-pori, jadi rentan rusak jika menyerap cairan kimia dari obat poles bodi," ujar Galih.

Sementara untuk stiker glossy, menurut Galih, perawatannya adalah jangan dipoles pakai mesin. Sebab, dapat berpotensi merusak lapisannya



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X