Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Arti Stiker yang Ada di Kaca Bus

Kompas.com - 04/09/2020, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBus sebagai angkutan penumpang juga tidak terlepas dari modifikasi. Mulai dari bagian eksterior seperti ganti pelek, sampai memasang stiker pada kaca bus.

Biasanya stiker yang dipasang pada bus ini merupakan tambahan yang dilakukan oleh kru kendaraan itu. Stiker berupa tulisan ini juga beragam, mulai dari merek dan tipe sasis yang digunakan, fasilitas pelayanan, tipe suspensi udara, sampai nama julukan bus tersebut.

Salah satu stiker yang ada di bagian kaca samping bus, menandakan kelas pelayanannya. Misal stiker bertuliskan Suites Class, artinya kelas pelayanan bus ini yaitu suites class dengan fasilitas kursi rebah dengan kabin yang mewah.

Baca juga: Ini Efek jika Kendaraan Lawas Minum BBM Oktan Tinggi

bus akap 3 as rodaKompas.com/Fathan Radityasani bus akap 3 as roda

Selain kelas pelayanan, ada juga yang menempelkan stiker merek dan tipe sasis yang digunakan bus tersebut. Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, stiker tersebut dipakai agar meningkatkan tampilan dari bus.

“Biar keren busnya, terutama yang pakai sasis premium seperti Scania, Mercedes Benz, dan Volvo, biasanya dipajang besar-besar,” kata Werry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Wacana Pertalite dan Premium Dihapus, BBM Oktan Tinggi Cocok untuk Semua Kendaraan?

Kemudian, ada juga stiker yang bertuliskan “Air Suspension”. Tulisan ini artinya, sasis yang digunakan sudah menggunakan suspensi udara yang lebih nyaman dibanding per daun. Sehingga menjadi kelebihan tersendiri dari bus yang digunakan.

Selanjutnya, ada juga yang menempelkan stiker berupa julukan dari bus tersebut. Biasanya julukan ini ditempel pada kaca depan bagian atas. Ukurannya juga besar, agar bisa dilihat dan dikenali oleh penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com