Kawasaki Ninja H2 Carbon, Hanya Ada Satu di Indonesia

Kompas.com - 05/07/2019, 19:42 WIB
Kawasaki Ninja H2 Carbon. Oni FaristiwaKawasaki Ninja H2 Carbon.

JAKARTA, KOMPAS.com - Awak redaksi kali ini coba menghadirkan foto sepeda motor spesial (collectible item) dalam bentuk goresan sketsa hasil karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni berupa goresan tersebut akan hadir reguler setiap Jumat, di kanal otomotif Kompas.com.

Pekan ke-12 ini, awak redaksi menghadirkan Kawasaki Ninja H2 Carbon. Motor ini sempat menjadi perbincangan dan cukup fenomenal saat akhirnya dirilis ke Tanah Air. Sebab, hanya ada satu unit di Indonesia.

Baca juga: Yamaha FZ1, Jadi Banyak Dicari Berkat Jokowi

Semua berawal dari Kawasaki Heavy Industries (KHI) yang membuat gebrakan dengan menghadirkan Ninja H2. Sebelum dirilis, motor sport full fairing ini banyak dibicarakan karena sudah dibekali dengan supercharger. Sebab, tidak banyak motor sekarang ini yang mendongkrak performa mesinnya dengan perangkat tersebut.

Kawasaki Ninja H2 Carbon.Oni Faristiwa Kawasaki Ninja H2 Carbon.

Untuk mesinnya, Kawasaki membuat mesin baru berkapasitas 998 cc dengan empat silinder segaris. Dengan 6 percepatan bertransmisi manual, motor ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 212 tk pada 11.000 rpm dan torsi maksimumnya 133,5 Nm pada 10.000 rpm.

Kawasaki juga mengklaim tenaga yang dihasilkan mesin ini merata, mulai dari putaran bawah hingga putaran atas. Kecepatan tertingginya diklaim dapat menyentuh 245 kpj. Kemampuan akselerasinya sendiri dari 0-100 meter dapat ditempuh dalam waktu 2,6 detik.

Bedanya dengan Ninja H2 standar, Ninja H2 Carbon ini dilengkapi Carbon-fiber Upper Cowl dengan model limited edition. Bahan yang digunakan adalah serat karbon dengan karakter sangat kaku, tapi juga sangat ringan. Kawasaki menamainya dengan lightweight CFRP (Carbon-Fiber Reinforced Polymer). Hampir mirip dengan versi non legalnya, yakni H2R.

Baca juga: Vespa 946 Emporio Armani dan RED, Edisi Spesial, Harga Fenomenal

Selain itu, ada juga penambahan paket elektronik Kawasaki paling canggih dan suspensi belakang Ohlins TTX. Sementara mesinnya, masih sama seperti Ninja H2 standar.

Ninja H2 Carbon sendiri baru dirilis tahun 2017. Kawasaki membuat motor ini sebagai edisi terbatas dengan hanya 120 unit yang mereka jual ke seluruh dunia. Indonesia sempat mendapat jatah satu unit, dengan nomor seri 71.

Motor ini dibeli oleh seorang pengusaha asal Kalimantan, Amin Andrianto. Pria tersebut menebus motor ini dari PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dengan harga Rp 835.000.000.

Pemilik Kawasaki Ninja H2 Carbon satu-satunya di Indonesia, Amin Andriantokawasaki Pemilik Kawasaki Ninja H2 Carbon satu-satunya di Indonesia, Amin Andrianto

Dengan hanya ada satu unit di Indonesia, Ninja H2 Carbon dengan nomor seri 71 tersebut dipastikan akan menjadi motor yang sangat langka. Tak heran jika suatu saat motor ini dijual, harganya bisa melebihi dari harga barunya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X