Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2020, 18:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai skuter otomatik (skutik) relatif mudah, tinggal gas dan rem. Karena itu skutik banyak dipilih buat pengendara baru atau orang yang baru belajar naik motor.

Meski terkesan mudah bukan berarti bisa mengendarai skutik tanpa teknik. Cara mengerem dan buka tutup gas harus diperhatikan, sebab skutik nyaris tidak punya engine brake.

Baca juga: Diskon Skutik 110-125 cc per September Tembus Jutaan Rupiah

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang mengatakan, saat naik skutik salah satu yang mesti diperhatikan terutama pengendara baru ialah saat turunan.

Yamaha Freego 125 diperkenalkan untuk pertama kali pada ajang IMOS 2018. Skutik ini dibanderol mulai Rp 18 jutaan sampai Rp 22 jutaan. Skutik ini sudah memiliki fitur ABSKompas.com/Setyo Adi Yamaha Freego 125 diperkenalkan untuk pertama kali pada ajang IMOS 2018. Skutik ini dibanderol mulai Rp 18 jutaan sampai Rp 22 jutaan. Skutik ini sudah memiliki fitur ABS

"Saat turunan atau jalan menurun usahakan gas harus terisi tidak ditutup habis, karena jika di tutup habis maka motor akan loss atau mesin tidak membantu pengereman," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Ini Dia Motor Nasional Pertama Malaysia

Selain itu, untuk penggunaan rem, kata Agus, usahakan untuk selalu mengerem dengan kedua rem yakni depan dan belakang secara bersamaan agar pengereman lebih efektif.

"Jika sudah menguasai buka tutup gas dengan baik maka jari tangan usahakan untuk tidak selalu standbye di tuas rem kanan dan kiri," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com