Etika Belok Kiri di Persimpangan Meski Ada Rambu Belok Kiri Langsung

Kompas.com - 13/09/2020, 08:41 WIB
Rambu belok kiri kompasianaRambu belok kiri

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudi di Indonesia, sering menemui persimpangan, baik itu sinpang tiga maupun empat. Pada beberapa persimpangan, ada rambu-rambu berupa tulisan, belok kiri langsung.

Jika ada rambu tersebut, pengemudi memang boleh tetap berjalan, tidak perlu mengikuti isyarat lampu lalu lintas. Namun walaupun memang boleh tetap berjalan, bukan berarti pengemudi seenaknya belok ke kiri, ada etikanya!

Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan mengatakan, jika ingin belok kiri di persimpangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Honda Forza Baru Meluncur Pekan Depan

Rambu Dilarang Belok Kiriistimewa Rambu Dilarang Belok Kiri

“Walaupun boleh langsung, pengemudi tetap harus mengurangi kecepatan, beri jalan pada kendaraan yang berjalan lurus,” kata Marcell kepada Kompas.com, Sabtu (12/9/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi langsung belok kiri bukan berarti kita tidak memerhatikan kondisi jalan. Beri jalan untuk yang lurus maksudnya yaitu kendaraan lain yang berasal dari arah lain, sehingga tidak bersenggolan dengan pengguna jalan lain.

“Selain itu, jangan lupa untuk melakukan double check blind spot saat berbelok,” ucap Marcell.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP San Marino, Petronas Yamaha Mendominasi

Ketika berada di jalanan, baik sedang ingin berbelok, harus melakukan cek blind spot atau titik buta. Double check bisa dilakukan dengan menoleh ke kiri atau kanan, melihat apakah ada motor atau obyek di sekitar mobil.

Marcell juga mengingatkan, kalau tidak ada rambu “belok kiri langsung”, pengemudi wajib menaati lampu lalu lintas. Apabila melanggar, akan dikenakan kurungan dua bulan atau denda maksimal Rp 500.000 sesuai aturan yang berlaku.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X