Begini Langkah Merawat Rantai Motor yang Benar

Kompas.com - 11/09/2020, 19:21 WIB
BMW Motorrad perkenalkan teknologi rantai motor bebas perawatan Rideapart.comBMW Motorrad perkenalkan teknologi rantai motor bebas perawatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pengemudi motor yang mengabaikan perawatan setiap bagian pada sepeda motornya. Hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan, pasalnya semua komponen sepeda motor punya peran penting, seperti salah satunya rantai.

Namun bicara perawatan juga tidak bisa sembarang dilakukan. Jika nekat dan tanpa rekomendasi yang benar justru akan memperparah kondisinya, bukan malah membuatnya semakin awet.

Agar tidak salah langkah, mari simak penjelasan Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi.

Baca juga: Terbentur Regulasi Emisi, Jimny Hanya Jadi Kendaraan Komersial

Pertama, jangan melumasi rantai dengan oli bekas. Sebab, kita tidak pernah tahu ada partikel apa yang terkandung di dalam oli bekas tersebut.

Cek ketegangan rantai motorFoto: Istimewa Cek ketegangan rantai motor

“Bisa saja ada serbuk-serbuk bekas yang berasal dari dalam mesin, yang bisa semakin merusak rantai juga komponen yang berhubungan dengan rantai,” ujar Ribut saat dihubungi Jumat (11/9/2020)

Kedua, jika ingin melumasi rantai, pergunakan oli baru dengan tingkat kekentalan atau SAE 80-90.

Ketiga, bersihkan rantai terlebih dahulu sebelum melakukan pelumasan. Jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu.

Baca juga: Tepis Isu Pensiun, Rossi Pastikan Masa Depannya di MotoGP Catalunya

“Cukup gunakan detergen untuk menghilangkan kotoran. Jika langsung dilumasi tanpa dibersihkan, maka kotoran akan semakin menempel dan merusak rantai,” kata Ribut.

Keempat, lakukan pembersihan dan perawatan rantai tersebut secara berkala.

“Terkait dengan waktunya, disesuaikan dengan wilayah dan musim. Jika daerahnya berdebu mungkin akan lebih sering dari dibanding dengan yang tidak,” tutup Ribut.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X