Tips Mengemudi Aman di Jalan Tol, Patuhi Batas Kecepatan

Kompas.com - 10/09/2020, 08:12 WIB
Ilustrasi berkendara di tol trans jawa dok.HPMIlustrasi berkendara di tol trans jawa
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan jalan tol memang menjadi salah satu pengurai kepadatan lalu lintas di perkotaan.

Di samping itu, keberadaan jalan bebas hambatan ini juga semakin memudahkan pengemudi saat melakukan perjalanan dan mempersingkat waktu.

Hanya saja, lengangnya jalan tol kadang membuat pengendara lupa diri dan mengabaikan batas kecepatan kendaraan yang diperbolehkan.

Kondisi ini sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan yang bisa saja merenggut korban jiwa. Kecelakaan ini seperti yang baru saja terjadi di ruas tol Solo - Semarang, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Bisakah Membayar Pajak Kendaraan Sebelum Jatuh Tempo?

Untuk itu, saat melintas jalan tol sebaiknya tetap menjaga kecepatan dan lajur kendaraan agar aman saat melakukan perjalanan.

Training Director The Real Driving Center ( RDC) Marcell Kurniawan membagikan sejumlah tips aman berkendara di ruas tol

Berikut 4 tips aman berkendara aman di jalan tol.

1. Patuhi batas kecepatan

Ilustrasi rambu batas kecepatan maksimal yang diperbolehkan.Sebastian Bozon / AFP Ilustrasi rambu batas kecepatan maksimal yang diperbolehkan.

Mengemudi di jalan bebas hambatan sama halnya berkendara di jalanan umum yang harus mematuhi batas kecepatan yang ditentukan.

Hanya saja, untuk batas maksimal kecepatan yang diperbolehkan memang lebih tinggi dibandingkan di jalan perkotaan yakni rata-rata maksimal 80 kilometer per jam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X