Kompas.com - 10/09/2020, 06:41 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian mobil terbakar setelah terlibat kecelakaan parah, sering terjadi. Sebagai contoh di ruas tol Solo - Semarang jalur B lajur I, pada Selasa (8/9/2020) malam.

Mobil Mercedes Benz yang terlibat kecelakaan hangus terbakar setelah sebelumnya terguling karena oleng usai ditabrak mobil CRV dari belakang.

Kecelakaan tersebut, tidak hanya membuat mobil ludes terbakar tetapi juga merenggut dua korban jiwa.

Terjadinya kebakaran pada mobil yang terlibat kecelakaan memang tidak bisa diprediksi dan juga dihindari.

Baca juga: Bisakah Membayar Pajak Kendaraan Sebelum Jatuh Tempo?

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada mobil, salah satunya yang paling sering adalah adanya kebocoran pada saluran bahan bakar.

Seorang petugas saat menangani sebuah kendaraan yang terlibat kecelakaan lalu lintas beruntun di Jalan Tol Solo-Semarang tepatnya jalur A Kilometer 485 Desa Mojolegi Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (8/9/2020). Seorang petugas saat menangani sebuah kendaraan yang terlibat kecelakaan lalu lintas beruntun di Jalan Tol Solo-Semarang tepatnya jalur A Kilometer 485 Desa Mojolegi Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (8/9/2020).

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, kebakaran yang setelah saat kecelakaan seperti yang terjadi di tol Solo- Semarang kemungkinan besar ada bensin yang tumpah.

“Saat mobil terguling ada percikan api yang timbul akibat gesekan besi dan aspal atau beton kemudian ada bensin yang tumpah atau bocor sehingga mengakibatkan terbakar,” ujar Bambang kepada Kompas.com, Rabu (9/9/2020).

Kalau hanya penyok, Bambang melanjutkan, dan tidak ada kebocoran tangki atau saluran bahan bakar kecil kemungkinan mobil bisa terbakar.

Baca juga: Saat Bayar Pajak STNK Asli Hilang, Bisa Pakai Foto Copy?

“Kalau hanya penyok atau benturannya tidak sampai mengakibatkan bahan bakar bocor kecil kemungkinan terbakar. Kebocoran bisa saja dari tangki, saluran bahan bakar sampai mesin,” katanya.

Bambang menambahkan, kejadian ini seperti yang pernah terjadi pada kasus tabrakan di tol Cipularang.

Ilustrasi mobil terbakarhowkenya.com Ilustrasi mobil terbakar

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.