Catat, Ini Nilai Oktan BBM yang Dijual di Indonesia

Kompas.com - 04/09/2020, 07:12 WIB
SPBU 31.164.01, salah satu SPBU Pertamina yang ada di Jalan Margonda, Depok. Kompas.com/Alsadad RudiSPBU 31.164.01, salah satu SPBU Pertamina yang ada di Jalan Margonda, Depok.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bahan bakar minyak ( BBM) yang dijual di Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis dengan nilai oktan yang berbeda-beda.

Nilai oktan atau Research Octane Number ( RON) merujuk pada seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan.

Campuran udara dan bensin ini akan ditekan oleh piston hingga dengan volume yang sangat kecil. Setelah itu barulah dibakar oleh percikan api yang dihasilkan dari busil.

Melalui cara kerja tersebut maka pemilihan jenis bahan bakar juga harus menyesuaikan dengan rasio kompresi kendaraan.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Penerbitan STNK Baru

Dengan bensin yang sesuai, maka pembakaran yang terjadi di ruang mesin akan lebih sempurna dan tentunya bisa berpengaruh terhadap keawetan komponen.

Atrian Partalite di salah satu SPBU yang ada di Batam. Saat ini Penjualan produk Pertalite meningkat cukup tajam sepanjang tahun 2017.KOMPAS.COM/ HADI MAULANA Atrian Partalite di salah satu SPBU yang ada di Batam. Saat ini Penjualan produk Pertalite meningkat cukup tajam sepanjang tahun 2017.

Sebaliknya, jika bahan bakar yang digunakan tidak sesuai baik itu lebih tinggi nilai oktannya atau sebaliknya tentunya akan berdampak pada mesin.

Untuk mengetahui RON bensin yang dijual di Indonesia berikut rinciannya

Pertamina

Premium RON 88
Pertalite RON 90
Pertamax RON 92
Pertamax Turbo RON 98

Shell

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X