Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Total Pengeluaran Tim Balap MotoGP Tembus Rp 111 Miliar

Kompas.com - 03/09/2020, 19:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap MotoGP digelar di berbagai sirkuit yang ada di berbagai negara. Butuh dana yang tak sedikit bagi pabrikan agar timnya bisa balapan.

Dikutip dari boxrepsol.com, satu unit mesin motor MotoGP harganya ada di kisaran 200.000 euro (Rp 3,4 miliaran) hingga 250.000 euro (Rp 4,3 miliaran).

Baca juga: Cerita Mekanik Valentino Rossi Soal Balapan MotoGP di Tengah Pandemi

Untuk tim satelit yang ingin menyewa motor MotoGP dari pabrikan, biaya yang dibutuhkan adalah 2 juta euro (Rp 34,9 miliaran) per musim per pebalap.

Tim tersebut akan mendapat dua unit motor dan peningkatan yang sedang dikembangkan, tapi belum termasuk spare part.

Situasi sirkuit saat balapan MotoGP di tengah pandemiMotorsportmagazine.com Situasi sirkuit saat balapan MotoGP di tengah pandemi

Di sisi lain, motor pabrikan, biasanya memiliki total biaya 3 juta euro (Rp 52,4 miliaran). Tentunya, butuh dana yang sangat besar jika suatu tim ingin memilikinya.

Agar ada bayangan seberapa besar biayanya, ada beberapa rincian dari komponen motor. Perangkat elektronik harganya mencapai 100.000 euro (Rp 1,7 miliaran), sudah termasuk sensor, kabel, dan panel.

Untuk panelnya sendiri, bisa mencapai 2.500 euro (Rp 43,6 jutaan). Tidak ada perangkat elektronik yang harganya kurang dari 1.000 euro (Rp 17,4 jutaan).

Baca juga: 4 Fakta Menarik Seputar Ban Balap Motor MotoGP

Sistem pengereman tak kalah mahalnya, untuk itu FIM membatasi harganya. Untuk seperangkat rem depan, sudah dipatok 70.000 euro (Rp 1,2 miliaran), di luar pajak.

Dengan harga sekian, sudah mendapatkan tiga pasang kaliper, tiga silinder, 10 rem cakram karbon, dan 28 kampas rem. Jika tim butuh lebih dari itu, maka harus membayarnya secara terpisah.

Vinales alami rem depan blong di MotoGP StyriaIstimewa Vinales alami rem depan blong di MotoGP Styria

Tak lupa, tim balap juga harus menyiapkan biaya perbaikan. Saat pebalap terjatuh dan motor hanya terseret beberapa meter, biayanya sekitar 15.000 euro (Rp 262 jutaan) hingga 20.00 euro (Rp 349 jutaan).

Biaya tersebut sudah termasuk untuk perbaikan bodi, footstep, tuas rem atau kopling, rem belakang, atau komponen lain yang mengalami kerusakan.

Sedangkan jika pebalap terjatuh hingga motor terpental ke udara, biaya perbaikannya bisa sampai 100.000 euro (Rp 1,7 miliaran). Biaya sebanyak itu untuk perbaikan roda, rem cakram, suspensi, radiator, dan sensor-sensor.

Tekanan udara pada ban motor MotoGP sangat memengaruhi performa motorAFP Tekanan udara pada ban motor MotoGP sangat memengaruhi performa motor

Jika kecelakannya sampai merusak swingarm, sasia, perangkat elektronik, tangki bahan bajar, atau mesin, perbaikannya tak kurang dari 500.000 euro (Rp 8,6 miliaran).

Pengeluaran Lain di Luar Balap

Tiap seri MotoGP normalnya selalu digelar di sirkuit yang berbeda. Bisa berbeda negara, bisa juga berbeda benua. Biaya perjalanan untuk satu anggota tim bisa mencapai 1.200 euro (Rp 20 jutaan) untuk tiap serinya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com