Harganya Jutaan Rupiah, Spion Toyota Alphard Jadi Incaran Maling

Kompas.com - 03/09/2020, 17:51 WIB
Sering dianggap MPV sejuta umat bagi kalangan orang kaya di Indonesia. Toyota IndonesiaSering dianggap MPV sejuta umat bagi kalangan orang kaya di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan rahasia umum lagi bahwa Toyota Alphard selalu menjadi incaran para pencuri spion, khusunya di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Beberapa aksi pencuri spion Alphard sempat viral, bahkan parahnya lagi aksi pencurian tersebut dilakukan siang hari, di mana kondisi jalan sekitar cukup ramai.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, mengatakan, salah satu alasan mengapa spion Alphard yang selalu manjadi incaran maling, karena harganya yang relatif mahal.

“Spion Alphard itu mobil yang spesifik, tidak bisa sembarangan dan asal pasang spion standar. Itu kenapa harga spionnya mahal,” ujar Suparna saat dihubungi Kompas.com, Kamis (3/9/2020).

Suparna menambahkan, sebetulnya bukan hanya Alphard saja, seperti Avanza dan Toyota Agya juga kerap menjadi korban pencurian spion. Namun, harga spion jenis mobil itu terbilang murah, tidak semahal Alphard.

Baca juga: Harga Motor Sport 150 cc Naked September 2020 Masih Stabil

“Untuk kisaran harga tergantung dari tahunnya. Satu sisi spion dimulai dari Rp 2 juta hingga Rp 9 juta untuk keluaraan yang terbaru,” lanjut Suparna.

Toyota Alphard Hybrid di GIIAS 2015Stanly Ravel/KompasOtomotif Toyota Alphard Hybrid di GIIAS 2015

Suparna menjelaskan, pada dasarnya spion tersebut memang tidak mudah dicopot. Namun saat ini banyak pencuri yang melakukan aksinya dengan sangat hati-hati dan sudah lihai, sehingga settingan alarm mobilpun tidak berbunyi.

Untuk itu, Suparna mengingatkan kepada pemilik mobil agar lebih berhati-hati dan waspada saat berkendara. Terlebih lagi, secara teknis hingga saat ini spion tidak memiliki kunci pengaman khusus seperti setir yang membuatnya tidak mudah dicuri.

Baca juga: Perampasan Pengemudi Truk di Tol, Aptrindo Berharap Ada Pengawasan Lebih

“Misal saat berhenti di lampu merah sebaiknya pengemudi tetap waspada untuk melihat sekitar, jangan lengah. Ketika mendapati hal tersebut segera bunyikan klakson untuk mendapat perhatian dari orang sekitar,” ucapnya.

Begitupun saat parkir, Suparna mengingatkan cari tempat yang ramai dan terlihat oleh petugas. Sebab menurutnya, kebanyakan mobil Alphard digunakan oleh supir yang kerap tertidur saat sedang menunggu bos nya.

“Kebanyakan kasus ini menimpa supir yang tertidur dan tidak sadar kalau spionnya sudah dicuri. Maka dari itu hindari tempat parkir yang sepi dan gelap untuk menghindari hal-hal yang tidak diingkan,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X