Dari Starko sampai GT Turbo, Begini Perjalanan Starlet di Indonesia

Kompas.com - 03/09/2020, 17:41 WIB
Ilustrasi Toyota Starlet Kotak GridOto.comIlustrasi Toyota Starlet Kotak
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Nama Starlet kembali mencuat setelah Toyota dikabarkan membangkitkan kembali hatchback ini sebagai mobil yang diproduksi di India dan diekspor ke Afrika.

Berbeda dengan model terdahulu, Starlet yang kini hadir merupakan hasil rebadge dari Suzuki Baleno di India.

Kehadiran Starlet baru memang menjadi kejutan bagi fans di Indonesia. Apalagi Starlet merupakan hatchback populer, bahkan model bekasnya masih jadi incaran sampai saat ini.

Baca juga: Meluncur Pekan Depan, Toyota Yaris Facelift Sudah Bisa Dipesan

Toyota Starlet hasil kolaborasi dengan Suzuki Balenogaadiwaadi.com Toyota Starlet hasil kolaborasi dengan Suzuki Baleno

Jika dulu Starlet terkenal sebagai mobil entry level atau mobil pertama bagi sebagian orang. Kini konsumen Starlet bisa dibilang merupakan pehobi dan kolektor mobil lawas.

Tak heran, setelah mobil ini berhenti dijual pada 1999, kini harga bekasnya masih bertahan di rentang Rp 35 jutaan sampai Rp 50 jutaan untuk kondisi apa adanya.

“Rata-rata segitu. Itu yang normal, bukan bahan, tapi juga bukan yang sudah rapi,” ucap Dadan Munandar, Ketua Umum Indonesian Starlet Club (ISC), kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Salah Kaprah Tentang Lampu yang Kerap Dilakukan Pengemudi

Ilustrasi Toyota StarletInstragram/@Adhi_KZ Ilustrasi Toyota Starlet

Menurut Dadan, harga bekas Starlet bervariasi tergantung tipenya. Untuk Starlet Kotak ( Starko) yang mulai dijual pada 1985-1989, dibanderol Rp 35 jutaan sampai Rp 45 jutaan.

Sementara untuk Starlet Kapsul yang dijual mulai 1990-1999, di situs jual beli online rata-rata dipasarkan sekitar Rp 40 jutaan hingga Rp 50 jutaan.

Starlet memang mendapat tempat yang spesial bagi masyarakat Indonesia. Sejak generasi awal, Starko cukup mendominasi di antara hatchback Daihatsu Charade, Suzuki Forsa, dan Honda Civic Wonder.

Baca juga: Wacana Pertalite dan Premium Dihapus, BBM Oktan Tinggi Cocok untuk Semua Kendaraan?

Ilustrasi Toyota Starlet TurboInstagram Ilustrasi Toyota Starlet Turbo

Kemudian Starlet Kapsul juga laris manis karena memiliki desain fascia yang mirip dengan Toyota Great Corolla, yang menjadi salah satu sedan terlaris pada masanya.

Bimo Maliki, pemilik showroom Malique Selatan Djakarta di Blok M Mall, Jakarta Selatan, mengatakan, Starlet yang ada di pasar Indonesia tidak hanya Starko dan Starlet Kapsul. Tapi ada beberapa varian lain yang diimpor secara utuh dari luar negeri.

“Selain itu ada juga Starlet GT dan Starlet GT Turbo. Itu CBU, bisa dari Jepang, Malaysia, atau negara lainnya,” ujar Bimo, kepada Kompas.com belum lama ini.

“Nah itu kalau asli harganya bisa di atas Rp 100 jutaan. Saya belum pernah nemu yang benar-benar orisinal, karena kebanyakan convert atau hasil modifikasi,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X