Wifi Jadi Fitur Andalan Bus AKAP Saat Ini

Kompas.com - 02/09/2020, 18:51 WIB
wifi di bus Kompas.com/Fathan Radityasaniwifi di bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus yang beroperasi saat ini terus meningkatkan pelayanan untuk penumpangnya. Salah satu fitur yang penting dan ada di kabin bus saat ini yaitu Wifi.

Mengikuti perkembangan zaman, wifi menjadi fitur yang dicari ketika berada di tempat umum. Oleh karena itu, sebagai angkutan penumpang, mayoritas bus saat ini sudah dilengkapi dengan Wifi.

Lalu bagaimana sistem Wifi bekerja di kabin bus?

Baca juga: Lebih Canggih dan Mewah, Honda Siapkan Odyssey Baru

Wisatawan bisa menikmati fasilitas WIFI di bus wisata kota Semarang, Jumat (6/9/2017). Bus double decker wisata Semarang beroperasi setiap hari Selasa-Minggu, dari Museum Mandala Bhakti.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan bisa menikmati fasilitas WIFI di bus wisata kota Semarang, Jumat (6/9/2017). Bus double decker wisata Semarang beroperasi setiap hari Selasa-Minggu, dari Museum Mandala Bhakti.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, operator bus bisa meminta karoseri untuk memasang Wifi, namun untuk menghubungkannya ke internet, kembali lagi ke operatornya.

“Kita paling bantu untuk pasang modem Wifinya, nanti diisi kartu GSM agar bisa terkoneksi dengan internetnya,” ucap Werry kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Kemudian untuk penempatan modemnya, Werry mengatakan, biasanya dekat dengan driver. Selain itu bisa juga di dalam dasbor dan di belakang, tergantung dari permintaan operatornya.

Baca juga: Yamaha Optimistis Rilis Moge Ratusan Juta Rupiah di Tengah Pandemi

Terkait sumber listrik untuk modem Wifinya, Rifandy Adrianto, Marketing Staff karoseri Adiputro mengatakan, berasal dari sistem kelistrikan bus. Untuk jumlah modemnya, bisa menyesuaikan dengan bentuk bus dan keinginan pemesan.

“Untuk model double decker, biasanya menggunakan dua modem Wifi. Sedangkan untuk yang model biasa atau dek tunggal, cukup satu,” kata Rifandy kepada Kompas.com.

Biasanya fitur Wifi ini dikunci oleh operator bus. Jika ingin menggunakannya saat perjalanan, penumpang bisa meminta password kepada kru bus yang sedang bertugas.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X