Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wifi Jadi Fitur Andalan Bus AKAP Saat Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus yang beroperasi saat ini terus meningkatkan pelayanan untuk penumpangnya. Salah satu fitur yang penting dan ada di kabin bus saat ini yaitu Wifi.

Mengikuti perkembangan zaman, wifi menjadi fitur yang dicari ketika berada di tempat umum. Oleh karena itu, sebagai angkutan penumpang, mayoritas bus saat ini sudah dilengkapi dengan Wifi.

Lalu bagaimana sistem Wifi bekerja di kabin bus?

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, operator bus bisa meminta karoseri untuk memasang Wifi, namun untuk menghubungkannya ke internet, kembali lagi ke operatornya.

“Kita paling bantu untuk pasang modem Wifinya, nanti diisi kartu GSM agar bisa terkoneksi dengan internetnya,” ucap Werry kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Kemudian untuk penempatan modemnya, Werry mengatakan, biasanya dekat dengan driver. Selain itu bisa juga di dalam dasbor dan di belakang, tergantung dari permintaan operatornya.

Terkait sumber listrik untuk modem Wifinya, Rifandy Adrianto, Marketing Staff karoseri Adiputro mengatakan, berasal dari sistem kelistrikan bus. Untuk jumlah modemnya, bisa menyesuaikan dengan bentuk bus dan keinginan pemesan.

“Untuk model double decker, biasanya menggunakan dua modem Wifi. Sedangkan untuk yang model biasa atau dek tunggal, cukup satu,” kata Rifandy kepada Kompas.com.

Biasanya fitur Wifi ini dikunci oleh operator bus. Jika ingin menggunakannya saat perjalanan, penumpang bisa meminta password kepada kru bus yang sedang bertugas.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/02/185100715/wifi-jadi-fitur-andalan-bus-akap-saat-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke