Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Pintu Darurat Bus yang Ada di Atap

Kompas.com - 31/08/2020, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBus merupakan kendaraan angkutan orang yang bisa mengangkut sampai puluhan penumpang. Jika mengalami kecelakaan, bus memiliki berbagai pintu darurat, mulai dari kaca samping, sisi kanan bus, sampai yang ada di atap.

Secara bentuk, pintu darurat yang ada di atap bentuknya persegi empat dan sedikit menonjol. Sedangkan dari kabin, terlihat seperti kubah yang memiliki tuas pembuka.

Sales Staff karoseri Tentrem, Dimas Raditya mengatakan, pintu darurat yang ada di atap biasa disebut emergency exit sunroof. Biasanya pada satu bus, setidaknya ada satu emergency exit sunroof.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Penerbitan STNK Baru

ac busKompas.com/Fathan Radityasani ac bus

Emergency exit sunroof ini bisa buat jalan keluar darurat saat bus terguling,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Minggu (30/8/2020).

Karena, ketika bus terguling, untuk meraih kaca samping nampaknya terlalu tinggi. Jadi dengan adanya emergency exit sunroof ini, korban yang ada di kabin bus bisa lebih mudah untuk keluar.

Baca juga: Bisakah Membayar Pajak Kendaraan Sebelum Jatuh Tempo?

Dimas juga mengatakan, emergency exit sunroof ini juga bisa sebagai angin masuk saat AC bus mengalami masalah. Jadi hanya diangkat, tidak dibuka secara mekanisme emergency alias darurat.

“Jadi emergency exit sunroof ini ada pegasnya, bisa hanya diangkat saja. Kemudian ada juga pengait yang berfungsi untuk membuka dalam keadaan darurat,” kata Dimas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com