Mitos atau Fakta, Mematikan Mesin Motor Pakai Standar Bikin Aki Soak

Kompas.com - 02/09/2020, 18:01 WIB
Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya. Ari PurnomoStandar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya.

JAKARTA, KOMPAS.com – Mayoritas motor yang digunakan di Indonesia saat ini yaitu skuter matik (skutik). Selain itu, ada satu fitur side stand switch pada skutik yang berfungsi sebagai peranti keselamatan motor.

Dengan fitur Side stand switch, mesin motor akan mati apabila standar samping diturunkan dan mesin tidak bisa dinyalakan. Namun ada juga pengguna skutik yang menggunakan fitur ini untuk mematikan mesinnya, bukan melalui kontak off di kunci.

Lalu apakah mematikan mesin motor dengan cara menurunkan standar samping bisa membuat aki soak?

Baca juga: Yamaha Bakal Segarkan Aerox 155

All New Honda BeAT KOMPAS.com/Gilang All New Honda BeAT

Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan, pada prinsipnya, mematikan mesin motor dengan menurunkan standar samping tidak membuat aki soak, namun ada syaratnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau mematikan mesin menggunakan standar samping kemudian kunci kontak langsung di off, tidak akan membuat aki soak,” ucap Endro kepada Kompas.com, Rabu (2/9/2020).

Namun jika sudah menurunkan standar samping tetapi kunci kontak masih on kemudian ditinggal, itulah yang menyebabkan aki jadi cepat soak. Penyebab dari aki soak ini yaitu lampu-lampu yang ada di motor masih menyala jika posisi kunci masih di on.

Baca juga: Menu MPV Murah Bekas di Bawah Rp 100 Juta

“Sama halnya kalau kita matikan mesin menggunakan switch cut off yang ada di setang motor sport. Kalau kunci kontaknya enggak di off, pasti baterai soak,” kata Endro.

Perlu diingat, fitur side stand switch hanya mematikan mesin, tetapi tidak memutus arus listriknya. Sehingga ketika lampu masih menyala walaupun mesinnya mati, aki bisa jadi lebih cepat soak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X