Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Mematikan Mesin Motor Pakai Standar Bikin Aki Soak

Kompas.com - 02/09/2020, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mayoritas motor yang digunakan di Indonesia saat ini yaitu skuter matik (skutik). Selain itu, ada satu fitur side stand switch pada skutik yang berfungsi sebagai peranti keselamatan motor.

Dengan fitur Side stand switch, mesin motor akan mati apabila standar samping diturunkan dan mesin tidak bisa dinyalakan. Namun ada juga pengguna skutik yang menggunakan fitur ini untuk mematikan mesinnya, bukan melalui kontak off di kunci.

Lalu apakah mematikan mesin motor dengan cara menurunkan standar samping bisa membuat aki soak?

Baca juga: Yamaha Bakal Segarkan Aerox 155

All New Honda BeAT KOMPAS.com/Gilang All New Honda BeAT

Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan, pada prinsipnya, mematikan mesin motor dengan menurunkan standar samping tidak membuat aki soak, namun ada syaratnya.

“Kalau mematikan mesin menggunakan standar samping kemudian kunci kontak langsung di off, tidak akan membuat aki soak,” ucap Endro kepada Kompas.com, Rabu (2/9/2020).

Namun jika sudah menurunkan standar samping tetapi kunci kontak masih on kemudian ditinggal, itulah yang menyebabkan aki jadi cepat soak. Penyebab dari aki soak ini yaitu lampu-lampu yang ada di motor masih menyala jika posisi kunci masih di on.

Baca juga: Menu MPV Murah Bekas di Bawah Rp 100 Juta

“Sama halnya kalau kita matikan mesin menggunakan switch cut off yang ada di setang motor sport. Kalau kunci kontaknya enggak di off, pasti baterai soak,” kata Endro.

Perlu diingat, fitur side stand switch hanya mematikan mesin, tetapi tidak memutus arus listriknya. Sehingga ketika lampu masih menyala walaupun mesinnya mati, aki bisa jadi lebih cepat soak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com