Gaya Balap Quartararo Disebut Mirip Lorenzo

Kompas.com - 02/09/2020, 14:01 WIB
Fabio Quartararo saat berlaga di MotoGP Styria. (Photo by JOE KLAMAR / AFP) JOE KLAMARFabio Quartararo saat berlaga di MotoGP Styria. (Photo by JOE KLAMAR / AFP)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Manager tim Petronas Yamaha SRT Wilco Zeelenberg mengatakan gaya balap Jorge Lorenzo dan Fabio Quartararo mirip. Itulah alasan Quartararo bisa cepat menguasai Yamaha YZR-M1.

Mantan rider analist di tim pabrikan Yamaha MotoGP dan pebalap Grand Prix era 80'an ini mengatakan, baik Lorenzo dan Quartararo mengusung gaya balap "butter and hammer" atau mentega dan palu.

Wilco mengatakan istilah butter and hammer diciptakan Lorenzo. Butter atau mentega untuk menggambarkan gaya balap yang halus. Adapun hammer atau palu ialah gaya berkendara yang agresif tapi tetap tenang.

Zeelenberg, Sepang MotoGP test Feb 2019Gareth Harford Zeelenberg, Sepang MotoGP test Feb 2019

Baca juga: Suzuki Optimistis Bisa Rebut Gelar Juara Dunia MotoGP 2020

"Mentega adalah istilah dari oleh Jorge. Adalah gaya yang mengalir dan cantik, Anda tidak menyadari betapa cepatnya dia melaju, dan Fabio juga pengendara seperti itu," kata Wilco mengutip GPOne, Rabu (2/9/2020).

"Dia (Lorenzo) tidak membuat kesalahan dan itu adalah hal yang sangat penting. Dia bisa memenangkan balapan, tetapi jika dia membuat kesalahan, dia akan marah pada dirinya sendiri dan dia akan menggunakan palu untuk bisa kencang. Itulah yang Fabio lakukan di Jerez," katanya.

Baca juga: Ini Peran Penting Pedrosa yang Bikin KTM Sukses di MotoGP

Wilco Zeelenberg Wilco Zeelenberg

Meski gaya balapnya sama tapi tidak untuk individunya. Wilco mengatakan Lorenzo lebih tertutup dan sangat fokus di akhir pekan saat mau balapan, sedangkan Quartararo lebih terbuka dan suka berkumpul.

"Jorge lebih introvert, sangat fokus pada dirinya sendiri, sebaliknya Fabio lebih ekstrovert. Lorenzo punya dunia sendiri. Di luar balapan dia adalah orang yang berbeda, tetapi pada hari jumat, sabtu dan minggu dia fokus pada dirinya sendiri," katanya.

"Quartararo sangat berbeda, dia suka bermain dan bercanda dengan kami, bahkan sebelum balapan," kata Wilco yang pernah menjabat manager tim Lorenzo di pabrikan Yamaha pada 2010.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X