Penjualan Mobil Naik, Daihatsu Optimisi Pasar Otomotif Segera Pulih

Kompas.com - 27/08/2020, 17:01 WIB
Daihatsu Ayla R Deluxe AT 2020 Dok. Humas Daihatsu/Rianto PrasetyoDaihatsu Ayla R Deluxe AT 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, memberikan dampak bagi beberapa sektor jasa dan usaha. Tidak terkecuali bagi para pabrikan otomotif.

Salah satunya adalah menurunnya minat pembelian mobil baru di masa pandemi. Kendati demikian, memasuki era kenormalan baru nampaknya menjadi titik terang bagi para pelaku sektor industri otomotif.

Seperti yang diungkapkan oleh Marketing and Custumer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, pada sesi bincang-bincang di Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) 2020.

Menurut Hendrayadi, penjualan mobil saat ini telah mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan awal masa pandemi pada bulan Maret 2020.

Baca juga: Marquez Sebut Dokter Melakukan Kesalahan pada Operasi Tangannya

Hal ini tentunya merupakan kabar baik bagi para pelaku otomotif, di mana Hendrayadi memperkirakan pasar jual beli mobil akan kembali bergeliat.

Hendrayadi Lastiyoso, pada sesi bincang-bincang di Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) 2020. KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Hendrayadi Lastiyoso, pada sesi bincang-bincang di Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sejak masa pandemi, pada bulan Maret, penjualan mobil menurun drastis. Bisa dibilang seluruh pabrikan otomotif Indonesia mencapai titik nadir pada bulan Mei. Sebab, mulai Juni sudah sudah mengalami kenaikan market sekitar 17 ribu, bahkan pada bulan Juli sudah mencapai kenaikan hingga 35 ribu,” ujar Hendrayadi, Rabu (26/8/2020).

Baca juga: Toyota New Hilux Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 241 Jutaan

Hendrayadi menjelaskan, untuk Daihatsu sendiri mengalami kenaikan market yang hampir sama dengan market otomotif Indonesia yaitu sekitar 59 persen pada bulan Juli.

“Di Daihatsu sendiri untuk penjualan Juli 2020 mencapai 5.890 unit, naik 59 persen dibandingkan bulan Mei. Dan kami optimis angka ini akan terus naik hingga akhir tahun,” tuturnya.

Untuk penjualan kendaraan terbanyak, Hendrayadi mengaku masih dipegang oleh segmen LCGC, yaitu Daihatsu Ayla yang memberikan kontribusi yang cukup tinggi sekitar 28 persen dan Daihatsu Sigra yang menyumbang penjualan 13 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.