Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penjualan Mobil Naik, Daihatsu Optimisi Pasar Otomotif Segera Pulih

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, memberikan dampak bagi beberapa sektor jasa dan usaha. Tidak terkecuali bagi para pabrikan otomotif.

Salah satunya adalah menurunnya minat pembelian mobil baru di masa pandemi. Kendati demikian, memasuki era kenormalan baru nampaknya menjadi titik terang bagi para pelaku sektor industri otomotif.

Seperti yang diungkapkan oleh Marketing and Custumer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, pada sesi bincang-bincang di Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) 2020.

Menurut Hendrayadi, penjualan mobil saat ini telah mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan awal masa pandemi pada bulan Maret 2020.

Hal ini tentunya merupakan kabar baik bagi para pelaku otomotif, di mana Hendrayadi memperkirakan pasar jual beli mobil akan kembali bergeliat.

“Sejak masa pandemi, pada bulan Maret, penjualan mobil menurun drastis. Bisa dibilang seluruh pabrikan otomotif Indonesia mencapai titik nadir pada bulan Mei. Sebab, mulai Juni sudah sudah mengalami kenaikan market sekitar 17 ribu, bahkan pada bulan Juli sudah mencapai kenaikan hingga 35 ribu,” ujar Hendrayadi, Rabu (26/8/2020).

Hendrayadi menjelaskan, untuk Daihatsu sendiri mengalami kenaikan market yang hampir sama dengan market otomotif Indonesia yaitu sekitar 59 persen pada bulan Juli.

“Di Daihatsu sendiri untuk penjualan Juli 2020 mencapai 5.890 unit, naik 59 persen dibandingkan bulan Mei. Dan kami optimis angka ini akan terus naik hingga akhir tahun,” tuturnya.

Untuk penjualan kendaraan terbanyak, Hendrayadi mengaku masih dipegang oleh segmen LCGC, yaitu Daihatsu Ayla yang memberikan kontribusi yang cukup tinggi sekitar 28 persen dan Daihatsu Sigra yang menyumbang penjualan 13 persen.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/27/170100415/penjualan-mobil-naik-daihatsu-optimisi-pasar-otomotif-segera-pulih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke