Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Nol Poin, Menghitung Peluang Marc Marquez Masih Bisa Juara Dunia

Kompas.com - 23/08/2020, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap andalan Tim Repsol Honda, Marc Marquez, nampaknya harus menelan pil pahit. Lantaran cederan yang dialaminya sejak awal musim, membuat juara dunia musim lalu ini harus absen di empat seri berturut-turut.

Untuk diketahui, dengan hanya menyisakan 10 seri tersisa, hingga saat ini pebalap asal Spanyol itu masih memiliki total nol poin.

Hal ini tentu merupakan beban yang berat untuk Marquez, jika ia ingin mempertahankan gelar juara dunianya di tengah kondisi yang masih belum stabil.

Dikutip dari Motosan.es, komentator MotoGP, Dennis Noyes menilai, Marc Marquez masih memiliki peluang untuk meraih juara dunia sekalipun dirinya absen di beberapa balapan.

Baca juga: Penyebab Mesin Mobil Overheat, Salah Satunya karena Tutup Radiator

“Saya tidak mengatakan ini merupakan sebuah hal yang gila. Melihat jumlah balapan yang tersisa, segala sesuatu bisa membuat Marquez layak dipilih untuk menjadi juara dunia pada musim 2020,” terang Dennis Noyes dikutip dari Motosan.es.

Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020HRC Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020

Dennis memberikan skema bahwa The Baby Alien masih bisa mengejar kemenangannya di sembilan balapan tersisa.

“Jika Marquez benar-benar telah pulih, masih ada 9 balapan lagi yang bisa membuatnya berpeluang meraih 225 poin, dengan rata-rata mendapatkan 16 poin di setiap serinya,” ucap Dennis.

Baca juga: Begini Cara Tambal Tangki Motor yang Bocor Pakai Sabun Mandi

Namun, kondisi tersebut hanya dapat terjadi bila dua pesaingnya terlebih Quartararo yang saat ini tengah berada di puncak klasemen sementara memipin dengan 67 poin, kemudian diikuti dengan Dovizioso, pebalap Ducati yang memiliki 56 poin, tidak tampil baik di sembilan balapan tersebut.

Mengingat, tiga sirkuit yang tersisa di kalender MotoGP 2020 (Misano, Aragon, dan Valencia) sempat dimenangi oleh Marc Marquez pada musim lalu membuat Noyes makin yakin bahwa peluang kemenangan untuk Marquez terlihat mungkin.

"Jika dia kembali pada balapan pertama di Misano, banyak hal yang bisa terjadi,” ujar Noyes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com