Cegah Rantai Motor Berkarat, Bisa Pakai Oli Gardan Mobil?

Kompas.com - 20/08/2020, 11:22 WIB
Rantai motor berkarat rpmsuper.comRantai motor berkarat
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Komponen rantai pada sepeda motor merupakan perangkat vital yang kondisinya harus benar-benar dijaga. Terlebih, di musim hujan seperti sekarang ini pencegahan agar tidak berkarat juga perlu dilakukan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mudah agar rantai tidak berkarat setelah terkena air hujan adalah dengan membilasnya.

Hal ini lantaran air hujan yang mengandung garam bisa membuat rantai mudah berkarat jika tidak segera membersihkannya menggunakan air tawar.

Baca juga: Peminat Mobil Bekas di Balai Lelang Meningkat, Imbas Ganjil Genap?

Selain itu, memberikan pelumas pada bagian tali cincin yang terbuat dari logam juga perlu dilakukan agar tetap lancar saat berputar.

Dalam memilih jenis pelumas rantai tidak sedikit yang memilih menggunakan oli gardan mobil. Benarkan oli gardan mobil aman untuk rantai motor?

Pemilik bengkel Naranata Motor Joko Purnomo mengatakan, melumasi rantai sepeda motor memang bisa menggunakan oli gardan mobil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

chain lubeKompas.com/Fathan Radityasani chain lube

Oli jenis ini tidak sama dengan oli bekas yang banyak digunakan untuk pelumasan rantai.

“Oli gardan mobil ini berbeda dengan oli bekas, ini cukup bagus untuk melumasi rantai tidak mudah kering seperti pelumas rantai lainnya,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: 10 Mobil Bekas Rp 25 Jutaan, Bisa Dapat BMW Lawas

Tingkat kekentalan pelumas gardan, kata Joko, bisa menjaga kondisi rantai agar tetap bagus dan tidak mudah kering atau pun berkarat.

“Musim hujan seperti sekarang ini, rantai juga perlu diperhatikan. Sebaiknya setelah terkena air hujan langsung dibilas atau dicuci agar tidak berkarat,” katanya.

Hal ini karena, jika rantai sudah kering apalagi berkarat maka akan menyebabkan rantai cepat aus. Jika sudah begitu, maka rantai akan molor dan usia pemakaiannya pun akan lebih pendek.

“Menjaga rantai agar tetap awet bisa dilakukan dengan rutin memberikan pelumas, jangan sampai kering atau berkarat,” tuturnya.

Cek ketegangan rantai motorFoto: Istimewa Cek ketegangan rantai motor

Baca juga: Mobil Bekas Harga Belasan Juta Rupiah, Bisa Dapat Lancer hingga Accord

Joko juga mengatakan, selain menggunakan oli gardan mobil cairan lain yang bisa digunakan untuk melumasi rantai yakni oli hidrolik.

“Pelumas lain yang juga bisa dipakai untuk rantai seperti oli hidrolik atau juga pakai oli untuk mesin jahit, itu lebih bagus lagi,” ucapnya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.