Peminat Mobil Bekas di Balai Lelang Meningkat, Imbas Ganjil Genap?

Kompas.com - 17/08/2020, 13:42 WIB
Ilustrasi menjual mobil bekas (Dok. Shutterstock) Ilustrasi menjual mobil bekas (Dok. Shutterstock)
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah dua bulan terakhir permintaan mobil bekas yang dijual di balai lelang mengalami peningkatan.

Tak hanya peminatnya saja yang bertambah banyak, tetapi harga jualnya pun sudah berangsur naik.

Peningkatan peminat ini disinyalir justru karena adanya pandemi Covid-19 dan juga diterapkannya kembali aturan pembatasan kendaraan ganjil genap di DKI Jakarta.

Kondisi ini membuat masyarakat memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi yang dinilai lebih aman dari penyebaran virus Corona.

Baca juga: Mau Beli Mobil Bekas, Eks Taksi Bisa Jadi Alternatif

Presiden Direktur Ibid- Balai Lelang Serasi Daddy Doxa Manurung mengatakan, ada kemungkinan peningkatan ini lantaran banyaknya masyarakat yang khawatir dengan adanya virus Corona.

Seorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari.Ari Purnomo Seorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari.

“Kalau disuruh memilih, pilih sehat atau (dengan) risiko tentunya pilih sehat, makanya kemudian mencari (mobil) yang murah-murah,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dengan menggunakan kendaraan pribadi untuk beraktivitas, tentunya masyarakat lebih merasa aman dan nyaman karena tidak bercampur dengan orang lain.

Disinggung mengenai efek dari ganjil genap terhadap peningkatan penjualan tersebut, Daddy mengatakan, hal itu juga tidak menutup kemungkinan.

Baca juga: Mobil Bekas Harga Belasan Juta Rupiah, Bisa Dapat Lancer hingga Accord

Meski juga memberikan dampak terhadap penjualan, menurutnya tidak terlalu signifikan atau besar.

“Kalau aturan plat ganjil genap ya kemungkinan ada tapi tidak terlalu besar, belum kelihatan juga. Belum kebaca, kalau saya yakin orang tetap memilih punya mobil pribadi untuk menjaga kesehatan dan tidak ingin mengambil risiko,” ucapnya.

Suasana balai lelang mobil bekas Bidwin. Tercatat pertumbuhan penjualan mobil bekas melalui lelang selama 2018BidWin Suasana balai lelang mobil bekas Bidwin. Tercatat pertumbuhan penjualan mobil bekas melalui lelang selama 2018

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X