Kompas.com - 19/08/2020, 07:12 WIB
Ilustrasi headlamp mobil berembun e46.comIlustrasi headlamp mobil berembun
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca sedang tidak menentu, musim kemarau tapi tak jarang turun hujan. Situasi seperti ini bisa mengakibatkan lampu utama atau headlamp mobil menjadi berembun.

Pemilik bengkel lampu Saka Motor di kawasan MGK Kemayoran, Samsul, mengatakan, embun muncul karena ada rongga pada rumah lampu. Rongga ini terjadi karena sil kedap udara merenggang.

Baca juga: Mobil Kurang Kedap Suara? Komponen Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Ilustrasi lampu mobil.Autoguide.com Ilustrasi lampu mobil.

"Saat lampu menyala, panas dari lampu akan membuat perbedaan suhu pada ruangan dalam rumah lampu dan luar lampu yang biasanya lebih dingin karena air hujan. Hal itu yang menyebabkan timbulnya embun," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Samsul mengatakan, sil kedap udara bisa merenggang karena beberapa hal. Selain umur komponen, salah satunya karena sering parkir di luar atau sering terpapar panas matahari langsung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Biasanya karena tidak pernah dicek, kondisi lampu itu berembun. Selama ini kering tidak ada masalah, lalu hujan dia bisa embun. Nah ini perlu diperhatikan dan diperiksa,” katanya.

Baca juga: Posisi Duduk yang Aman untuk Pembonceng Sepeda Motor

Ragam lampu mobil bekas tapi orisinilAditya Maulana, KompasOtomotif Ragam lampu mobil bekas tapi orisinil

Jika sudah berembun maka cara mengtasinya ialah dengan membuka rumah lampu. Tak jarang juga kata Samsul, jika terlalu lama bukan hanya embun tapi air sampai mengenang di dalam rumah lampu.

"Lalu cara menghilangkannya rumah lampu harus dicopot, dibersihkan dan dipasang kembali sil kedap udaranya,” ucap Samsul. Jika berair harus dibongkar dan dibuang airnya. Lalu dibersihkan,” kata Samsul.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X