Tempuh 157 Km, Berapa Konsumsi BBM Honda Civic Hatchback RS?

Kompas.com - 18/08/2020, 16:41 WIB
Honda Civic Hatchback RS KOMPAS.COM/STANLY RAVELHonda Civic Hatchback RS
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah merasakan sensasi mesin turbo, saatnya melirik kisaran bahan bakar yang dihabiskan oleh Honda Civic Hatchback RS saat redaksi membawanya dari Jakarta menuju Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, perjalanan menuju Bandung sebagian besar dihabiskan melintasi ruas tol, dan kebetulan kondisi jalan pada hari biasa juga tidak terlalu padat, bahkan cenderung lengang.

Dalam perjalanan, redaksi bersama dua rekan lainnya berkendara secara normal. Pendingin udara alias AC tetap dinyalakan, bahkan perjalanan tersebut juga kami jadikan momen untuk merasakan tarikan performa mesin 1.500 cc yang sudah ditunjang dengan turbo.

Jadi, gaya berkendara saat kami membawa Civic Hatchback RS ini memang cukup bervariasi. 

Baca juga: Sensasi Type R di Tubuh Civic Hatchback RS

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Mulai dengan berjalan normal, sampai sesekali di beberapa kesempatan kami sengaja memacu lebih cepat dengan menekan pedal gas lebih dalam. Seperti saat akan menyalip kendaraan lain, sampai momen memang ingin merasakan sensasi putaran atas Civic Hatchback RS ini.

Tak jarang kami geber Civic Hatchback RS ini di atas kecepatan 100 kpj, apalagi saat melintasi jalan berliku yang diiringi dengan tanjakan-tanjakan landai di sepanjang ruas Tol Padalarang.

Artinya, kami memang tak mencari-cari sisi keiritannya, namun benar-benar berdasarkan kondisi yang ada dan berpatokan pada multi information display (MID) pada speedometer. Lagi pula, untuk seukuran mobil bertema sport memang kurang cocok menyinggung soal efisiensi bahan bakar.

Secara total, jarak tempuh yang kami raih dari Jakarta hingga tempat tujuan di Kota Bandung mencapai 157,7 km. Sementara saat kami cek rata-rata konsumsi BBM pada MID, yang sebelumnya sudah kami reset dari 0, ternyata angka yang kami dapatkan di luar prediksi, yakni 17,4 kpl.

Baca juga: Sensasi Tarikan Mesin Turbo Civic Hatchback RS

Berdasarkan data tersebut, artinya satu liter bensin yang digunakan pada Honda Civic Hatchback RS bisa menempuh kurang lebih 17 km.

Angkanya tersebut boleh dibilang cukup irit untuk sebuah hatchback bergenre sport yang dilengkapi mesin turbo. Sementara saat digunakan di dalam kota, rata-rata BBM yang redaksi dapatkan sekitar 14,8 kpl sampai 15,2 kpl.

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Pencapaian tersebut tentu tak lepas dari beberapa faktor, mulai dari jenis BBM yang digunakan, gaya berkendara, urutan kaki menginjak pedal gas dan rem, sampai beberapa hal lain yang juga tak lepas dari peran teknologi yang diterapkan.

Seperti diketahui, Honda Civic Hatchback RS sendiri juga dilengkapi dengan fitur ECON button yang tujuan utamanya memberikan sisi efisiensi pada kendaraan.

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Fitur ini bekerja melalui sistem Drive By Wire yang menekan penggunaan beberapa piranti agar menciptakan efisiensi yang maksimal, seperti perpindahan transmisi serta pengoperasian AC.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X