Sensasi Tarikan Mesin Turbo Civic Hatchback RS

Kompas.com - 18/08/2020, 10:02 WIB
Honda Civic Hatchback RS KOMPAS.COM/STANLY RAVELHonda Civic Hatchback RS
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Adanya tambahan emblem RS, memang tak membuat tenaga Civic Hatchback ikut terdongkrak. Lantaran dari instalasi mesin pun masih sama dengan versi sebelumnya, yakni 4 silinder segaris dengan kubikasi 1.500 cc VTEC Turbo DOHC.

Namun, mesin yang diusung Civic Hatchabck RS memang tak bisa samakan dengan hatchback pada umumnya, karena bila melihat dari data, tenaganya sudah hampir mendekati mobil berkubikasi 2.000 cc. Tak heran bila sebagian penggemarnya mengkategorikan Civic sebagai hot hatchback alias hot hatch.

Honda mengklaim dapur pacu mesin berkode L15B7 tersebut, mampu mengolah daya hingga 173 Ps atau setara dengan 170,6 tk pada putaran 5.500 rpm dan torsi 220 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke penggerak roda depan via transmisi CVT 7 percepatan Earth Dreams Technology.

Baca juga: Geber Honda Civic Hatchback RS, Tak Sulit Sentuh 100 Kpj

Menjajal sensasi berkendaranya, memang sudah tak diragukan lagi. Mulai dari putaran bawah hingga atas cukup bertenaga, dan yang paling berkesan adalah dari segi responsif tenaga yang langsung terasa saat kaki mulai menekan pedal gas.

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Kebetulan redaksi melakukan pengetesan Civic Hatchback RS sekaligus menempuh perjalanan ke Bandung, Jawa Barat. Sudah pasti, kebanyakan ruas yang dilalui adalah jalan tol sepanjang Cikampek hingga Padalarang.

Momen tersebut menjadi kesempatan bagi redaksi untuk lebih dalam merasakan tiap putaran tenaganya. Mulai dari memasuki pintu Tol Senayan, Civic mulai kami geber dengan kecepatan rata-rata 80 sampai 100 kpj.

Tak butuh waktu lama untuk hot hatch ini membawa resakis bersama dua penumpang lainnya menyentuh angka 100 kpj. Tekan pedal gas setengah dengan tuas transmisi di posisi D, Civic pun mulai melaju dan siap memberikan suplai tenaga lebih besar kapan pun kaki menekan pedal gas lebih dalam.

Baca juga: Sensasi Type R di Tubuh Civic Hatchback RS

Ketika mendapat kondisi jalan yang sangat lapang di ruas Tol Padalarang, redaksi penasaran untuk mencoba putaran atasnya dengan posisi tuas transmisi di posisi S dan mematikan mode ECON. Ketika pedal gas ditekan habis alis kickdown, putaran tenaga sontak keluar diiringi dengan sedikit gerungan suara mesin dan jarum RPM yang langsung bergerak diputaran 3.500 rpm ke atas.

Tenaganya terisi pada setiap putaran yang dibarengi dengan perpindahan gigi yang cukup smooth saat redaksi mencoba mengontrolnya via paddle shift. Hampir tak ada gejalan lag atau tenaga yang delay saat pedal gas ditekan.

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Lagi-lagi Civic membuktikan bila tak butuh banyak effort serta waktu yang lama untuk menyentuh kecepatan di atas 130 kpj, namun karena ini bukan lintasan balap melainkan jalan umum, maka redaksi mengurungkan niat untuk memacu kecepatannya lebih tinggi lagi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X