Airsus pada Bus Juga Bisa Diatur Ketinggiannya

Kompas.com - 18/08/2020, 09:02 WIB
Sasis bus narrow DuniaotomotifmodifikasiSasis bus narrow

JAKARTA, KOMPAS.comSuspensi udara atau air suspension (airsus) pada bus digunakan untuk meningkatkan kenyamanan. Jika dibandingkan dengan sasis yang masih memakai per daun, airsus menambah kenyamanan bus tersebut.

Selain meningkatkan kenyamanan, airsus pada bus juga bisa diatur ketinggiannya. Jadi jika dalam kondisi diam, bus bisa disetel pada posisi yang rendah agar terlihat ceper, sama seperti mobil modifikasi.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, suspensi udara pada bus bisa diatur mulai dari naik turun, sampai hanya turun pada sisi penumpang saja.

Baca juga: SUV Toyota Berbasis Vitara Brezza Mulai Dijual Pekan Ini di India

Bus AKAPmobilkomersial.com Bus AKAP

Bus yang ada sistem Electronically Controlled Air Suspension (ECAS) seperti milik Scania bisa diatur naik turun suspensinya, terutama pada bus kota dengan low entry,” kata Werry kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain bus milik Scania, fitur pengatur ketinggian suspensi udara ini juga diterapkan pada bus antar kota antar provinsi (AKAP). Biasanya fitur ini disematkan pada bus dengan sasis premium dari Eropa seperti Mercedes Benz OH 1836, Scania K360iB dan sasis triple axle.

Baca juga: Akibat Insiden Mengerikan di GP Austria, Vinales Kehilangan Momentum

Pengatur ketinggian suspensi udara ini biasanya berupa tombol yang ada di dasbor bus. Posisinya dekat dengan jangkauan pengemudi sehingga bisa menyetelnya dengan mudah.

Posisi bus yang rendah pada saat diam bisa memudahkan penumpang untuk naik ke kabin. Selain itu, bisa juga untuk melewati jalanan dengan banyak penghalang yang rendah, sehingga bus dengan tinggi 4 meter aman untuk melewatinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.