4 Kesalahan yang Lazim Dilakukan Wanita Saat Naik Motor

Kompas.com - 18/08/2020, 11:42 WIB
Perlatihan safety riding lady biker Honda oleh diler utama Honda Jawa Barat pada perayaan Hari Kartini, Jumat (21/4/2017). IstimewaPerlatihan safety riding lady biker Honda oleh diler utama Honda Jawa Barat pada perayaan Hari Kartini, Jumat (21/4/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor wanita semakin banyak di jalan raya. Sayangnya, anggapan wanita kurang pandai membawa kendaraan terlanjur melekat dan sulit dihilangkan.

Agus Sani Head of Safety Riding Promotion Wahana, tidak ingin berpolemik soal kemampuan wanita mengendarai motor, tapi dia mengatakan ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pengendara wanita.

Baca juga: Berkendara Jarak Jauh Jangan Lupa Atur Tekanan Udara pada Ban

Beberapa hal itu yang kemudian membuat wanita terkesan serampangan saat naik motor. Kasus yang paling disorot oleh masyarakat adalah ibu-ibu yang tidak mengindahkan rambu atau pemakai jalan lain.

Lady biker di Amerika Serikat, merasa jauh lebih baik ketika riding ketimbang spa dan pijat.motorcycle Lady biker di Amerika Serikat, merasa jauh lebih baik ketika riding ketimbang spa dan pijat.

Berikut beberapa kesalahan pengendara motor wanita:

1. Sein 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agus mengatakan tak sedikit pengendara wanita langsung memilih terjun ke jalan raya padahal mereka belum terlalu mahir mengendarai motor.

“Wanita biasanya belum memahami karakter motornya terlebih dahulu, seperti fungsi rem, gas, dan komponen lain seperti sein. Makanya sering ditemui di jalan yang ingin belok kiri tetapi yang dinyalakan lampu sein kanan,” kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

2. Berhenti atau putar balik

Wanita dinilai kurang peka dengan keberadaan kendaraan lain di sekitarnya. Salah satu contohnya ialah berhenti di tengah jalan atau saat mau putar balik.

“Biasanya mereka melakukan putar balik atau berbelok tanpa melakukan perhitungan sebelumnya. Tidak terlalu memikirkan kendaraan yang berada di sekitarnya, mungkin karena pola pikir yang beranggapan ‘siapa yang mau marahin wanita?’ sehingga mereka bersikap demikian,” kata Agus.

Baca juga: Begini Cara Benar Menghidupkan Motor yang Lama Menganggur

Istiqomatus Saadah, Lady Biker komunitas Honda CBR asal Semarang, Jawa Tengah.Ghulam/KompasOtomotif Istiqomatus Saadah, Lady Biker komunitas Honda CBR asal Semarang, Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.