Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyiknya Performa Mitsubishi Eclipse Cross Dibawa Jalan-jalan

Kompas.com - 16/08/2020, 14:22 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbeda dengan SUV yang mengusung mesin 1.500 cc turbo dari merek lain, Mitsubishi Eclipse Cross memberikan kesenangan berkendara cukup baik.

Selain mesin yang bertenaga besar, desain mobil yang kompak turut membuat performa SUV ini punya pengendalian baik.

Di atas kertas, Eclipse Cross mengusung mesin 1.500 cc turbo DOHC MIVEC, tenaganya mencapai 150 ps dan torsi maksimal 250 Nm bisa diraih sejak 2.000-3.500 rpm. Soal transmisi, mobil ini mengusung otomatis CVT dengan paddle shift.

Baca juga: Mobil Bekas Harga Belasan Juta Rupiah, Bisa Dapat Lancer hingga Accord

Test Drive Mitsubishi Eclipse CrossKompas.com/Dio Test Drive Mitsubishi Eclipse Cross

Jika dibandingkan dengan SUV kompak lain yang bermesin turbo, tenaga Eclipse Cross bukan yang paling besar. Namun mesinnya terasa responsif, injak sedikit pedal gas mobil bisa langsung lari.

Apalagi respons transmisi CVT-nya juga baik. Tidak ada gejala meraung atau lemot. Akselerasi terasa instan dan turbonya juga tidak ada lag.

Saat kami coba bawa berkendara di wilayah perbukitan pun tak terasa kekurangan tenaga. Eclipse Cross sangat mumpuni di medan permukaan jalan yang bervariasi, dari aspal yang rusak sampai jalan lapis beton yang kasar.

Baca juga: Bahaya, Jangan Isap Vape di Mobil Selama Mengemudi

Test Drive Mitsubishi Eclipse CrossKompas.com/Setyo Adi Test Drive Mitsubishi Eclipse Cross

Terlebih racikan suspensi MacPherson Strut di depan dan double wishbone di belakang yang pas menambah kenyamanan berkendara. Bantingannya secara keseluruhan terasa empuk.

Namun memang hal ini berdampak pada performanya kala dibawa bermanuver cepat. Dibandingkan dengan kompak SUV sekelasnya, Eclipse Cross terasa agak limbung tapi dalam batas yang wajar.

Bicara soal konsumsi BBM, dengan performa yang responsif, hasil catatannya masih terbilang baik. Saat kami coba di rute kombinasi perkotaan dan luar kota, Eclipse Cross bisa meraih 11,6 km per liter.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Arti Garis Warna-Warni pada Ban Baru

Test Drive Mitsubishi Eclipse CrossKompas.com/Dio Test Drive Mitsubishi Eclipse Cross

Kami menduga kombinasi mesin 1.500 cc yang terbilang kecil kapasitasnya dengan transmisi CVT, membuat Eclipse Cross bisa mendapat konsumesi BBM yang irit.

Sementara itu soal keheningan kabin, berdasarkan impresi kami mobil terasa kedap suara. Terutama peredaman dari jalan dan bagian samping. Suara bising malah sayup-sayup malah terdengar dari bagian atas, tempat sun roof berada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com