Mitsubishi Eclipse Cross, SUV Kompak Berlimpah Fitur

Kompas.com - 16/08/2020, 09:49 WIB
Test Drive Mitsubishi Eclipse Cross Kompas.com/DioTest Drive Mitsubishi Eclipse Cross
|

JAKARTA, KOMPAS.comMitsubishi Eclipse Cross merupakan salah satu medium SUV yang memiliki fitur terlengkap di kelasnya. Tak heran mobil ini jadi pilihan menarik bagi Anda yang mencari mobil berkapasitas 5 orang dengan harga Rp 400 jutaan sampai Rp 500 jutaan.

Tersedia banyak fitur keselamatan di Eclipse Cross, mulai dari rem ABS+EBD, kamera mundur, sensor parkir, Stability Control, Hill Start Assist, rem parkir elektrik, Idling Stop System, Forward Collision Mitigation, serta Lane Departure Warning.

Di interior, juga tersedia Head Up Display yang bisa diatur brightness dan sudut kemiringannya, serta Eco Mode untuk menjaga efisiensi selama berkendara. Namun sayang SUV ini belum memiliki fitur kamera 360.

Baca juga: Jelang Peluncuran, Hyundai Sowan Bawa Ioniq dan Kona Elektrik ke Luhut

Test Drive Mitsubishi Eclipse CrossKompas.com/Dio Test Drive Mitsubishi Eclipse Cross

Namun fitur paling menarik di SUV ini bagi kami adalah Active Cruise Control (ACC) yang mulai jamak di mobil kelas Rp 500 jutaan ke atas.

Di Eclipse Cross, fitur ini mulai bisa bekerja di kecepatan minimal 30 kpj. Anda bisa langsung mengaktifkannya dengan memencet tombol cruise control seperti biasa.

Bedanya, fitur ACC memungkinkan Anda untuk mengiuti kecepatan kendaraan di depan sampai berhenti total. Jadi fitur ini akan sangat membantu Anda saat melewati jalan macet dan merayap.

Baca juga: Bahaya, Jangan Isap Vape di Mobil Selama Mengemudi

Test Drive Mitsubishi Eclipse CrossKompas.com/Dio Test Drive Mitsubishi Eclipse Cross

Saat mobil berhenti, fitur Auto Hold akan aktif, dan secara otomatis ACC akan berhenti beroperasi. Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal melanjutkan dengan menggeser tombol cruise control ke bawah.

Jarak antar kendaraan juga bisa disetel sesuai keinginan. Hal ini cukup berguna, mengingat kondisi lalu lintas di Indonesia, khususnya Jakarta yang terbilang padat. Mengatur jarak terlalu dekat, mobil berpotensi mengerem mendadak dan membuat penumpang tidak nyaman.

Hal menarik lainnya, yakni fitur Active Yaw Control (AYC). Fitur ini sudah terintegrasi dengan sistem pengereman yang membuat mobil tetap stabil dibawa bermanuver.

Baca juga: Mobil Bekas Harga Belasan Juta Rupiah, Bisa Dapat Lancer hingga Accord

Mitsubishi Eclipse Cross mengisi pasar SUV Mitsubishi di IndonesiaKompas.com/Setyo Adi Mitsubishi Eclipse Cross mengisi pasar SUV Mitsubishi di Indonesia

Bisa dibilang ini merupakan fitur turunan dari Lancer Evolution, yang berguna saat pengemudi ingin melakukan manuver yang cepat. Maka seketika terasa ada sedikit pengereman di roda depan.

Contohnya, saat belok ke kanan, maka ban depan sebelah kiri akan direm agar mobil tetap stabil. Alhasil Anda bisa terhindar dari potensi understeer dan mobil tetap melaju stabil di jalurnya.

Perlu diingat, fitur ini hanya berguna saat mobil melakukan manuver ekstrem. Saat berbelok dengan lembut, misal di jalan tol atau di jalan biasa fitur ini tidak bekerja.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X