Harga Mobil Bekas di Balai Lelang Bisa Lebih Murah, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 15/08/2020, 13:55 WIB
Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta Selatan Kompas.com/DioBursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta Selatan
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan balai lelang kendaraan bermotor bisa menjadi alternatif bagi calon konsumen, yang ingin membeli mobil bekas dengan harga lebih murah.

Tidak dipungkiri, rata-rata harga yang ditawarkan di balai lelang berada di bawah harga pasaran.

Hal ini tentunya bisa menjadi pertimbangan tersendiri bagi calon pembeli saat berburu kendaraan seken dengan harga yang lebih murah.

Selisih harga antara yang dijual di diler dengan di balai lelang mulai dari jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah tergantung dengan proses lelang yang berlangsung.

Baca juga: Mobil Bekas Harga Belasan Juta Rupiah, Bisa Dapat Lancer hingga Accord

Perbedaan ini salah satunya disebabkan karena kondisi mobil yang dijual di balai lelang adalah apa adanya tanpa dipoles atau dilakukan perbaikan terlebih dahulu.

Seorang pengunjung melihat deretan mobil bekas yang dipajang di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (15/12/2019).Ari Purnomo Seorang pengunjung melihat deretan mobil bekas yang dipajang di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (15/12/2019).

Presiden Direktur Ibid- Balai Lelang Serasi Daddy Doxa Manurung mengatakan, bahwa kondisi mobil yang dijual melalui balai lelang memang berbeda dibandingkan mobil yang ada di showroom.

Jika mobil di diler sudah dilakukan perbaikan terlebih dahulu sebelum dijual, tetapi yang ditawarkan di balai lelang dalam kondisi apa adanya.

“Unit yang kami lelang ini memang kondisinya apa adanya, kalau yang dijual di showroom biasanya sudah diperbaiki dulu baru dijual,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Selain di Diler, Peminat Mobil Bekas di Balai Lelang Ikut Naik

Meski begitu, Daddy menambahkan, unit yang ditawarkan juga sudah disesuaikan dengan grade-gradenya.

Grade tersebut menyesuaikan dengan kondisi mobil yang dijual. Semakin bagus gradenya, otomatis kondisinya juga lebih baik dibandingkan dengan grade yang ada di bawahnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X