Kompas.com - 15/08/2020, 12:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus kecelakaan tunggal sepeda motor yang melibatkan wanita menggunakan rok panjang, kerap terjadi di jalan raya. Penyebabnya hampir sama, yakni untaian rok tersangkut di rantai motor hingga menyebabkan pengendara terpelanting.

Dalam beberapa peristiwa yang pernah terjadi, kecelakaan seperti ini tidak hanya dialami pengendara saja, tetapi juga orang yang dibonceng.

Terkait hal ini, Trainer Yamaha Academy On Road dan Off Road Setyo Sukaryo, mengatakan, ada beberapa tips berkendara yang aman bagi wanita yang menggunakan rok panjang.

“Untuk wanita yang menggunakan rok saat berkendara harus lebih berhati hati, dan sebisa mungkin hindari pemakaian motor bebek. Sebab, pakaian yang digunakan bisa berpotensi ketarik ke gear atau ban,” ujar Setyo saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (14/8/2020).

Baca juga: Bahaya, Jangan Isap Vape di Mobil Selama Mengemudi

Orang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan.dok.Kompasiana Orang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan.

Menurut Setyo, kasus kecelakaan yang menimpa kerap kali disebabkan oleh rok yang tersangkut gir rantai dan menggulung.

Skutik dinilai merupakan motor yang paling aman untuk wanita yang menggunakan rok panjang. Alasannya, skutik memiliki cover depan yang bisa meminimalisir hembusan angin di bagian bawah.

Baca juga: Apa Warna Bodi yang Digemari Pembeli Mobil Bekas?

“Selain itu, skutik juga tidak memiliki gir bergerigi atau komponen yang digerakan rantai serta cenderung praktis karena perpindahan transmisi otomatis,” kata Setyo.

Namun, Setyo menyarankan, sebelum berkendara pastikan rok yang dikenakan juga tidak menjuntai.

“Jika tidak ada motor skutik dan terpaksa menggunakan motor bebek, pastikan gir dan rantai motor memiliki pelindung atau cover,” tuturnya.

Terakhir, pastikan berkendara dalam kecepatan maksimal hanya 40 km per jam (kpj). Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko terburuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.