Rossi Sebut Sirkuit Portimao Portugal Seperti Roller Coaster

Kompas.com - 11/08/2020, 14:21 WIB
Rossi mengalami masalah teknis di GP Spanyol 2020 YamahamotogpRossi mengalami masalah teknis di GP Spanyol 2020
|

PORTIMAO, KOMPAS.com - Sirkuit Portimao akan jadi tuan rumah final MotoGP 2020 GP Portugal. Ini merupakan kali pertama Portimao menggelar MotoGP karena sebelumnya jadi tuan rumah balapan WSBK.

Portimao memiliki nama resmi Autodromo Internacional do Algarve. Desain sirkuitnya banyak dihiasi tikungan tajam serta leval tanah bergelombang, membuat sirkuit ini dijuluki roller coaster.

Pebalap Pata Yamaha WorldSBK Michael van der Mark pernah mengatakan bahwa Sirkuit Portimao merupakan salah satu trek yang paling menuntut keterampilan pebalap.

Baca juga: Kata Pengamat Transportasi Soal Wacana Ganjil Genap 24 Jam di Jakarta

Sirkuit Portimao Foto: Autosport Sirkuit Portimao

"Ia memiliki segalanya, lurus panjang, tikungan tajam, tikungan kecil, dan trek bergelombang yang luar biasa, semua bahan yang dibutuhkan untuk aksi akhir pekan yang fantastis," kata van der Mark, dikutip MotoGP.com, Selasa (11/8/2020).

Juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi pun penasaran menjajal sirkuit baru tersebut. Sebab selama karirnya dia belum pernah balapan di Portimao melainkan di Estoril itu pun terakhir pada 2012.

"Saya memiliki kenangan indah dengan Portugal. Tapi itu di Estoril, yang juga merupakan trek yang menarik," kata Rossi yang menang lima kali di Estoril.

"Tapi saya selalu bertanya pada diri sendiri bagaimana rasanya balapan di Portimao, karena MotoGP belum pernah digelar di sana," katanya.

Sirkuit Portimao Foto: Autosport Sirkuit Portimao

Baca juga: Mitos atau Fakta, Naik Sepeda Motor Lebih Rawan Kecelakaan di Jalan?

"Ini trek yang luar biasa, seperti rollercoaster, level tanahnya mirip Phillip Island. Trek juga memiliki tikungan yang rumit, dan akan menjadi tugas yang sulit untuk menjadi kuat di sana," kata Rossi.

Sirkuit Portimao memiliki 15 tikungan, 8 tikungan ke kanan dan 7 tikungan ke kiri. Panjangnya mencapai 4,658 km.

Max Biaggi menjadi pemegang rekor lap untuk roda dua, yaitu 1 menit 42.774 detik. Rekor itu diciptakan pada 2010 saat Biaggi bergabung di tim Aprilia Alitalia.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X